fbpx
Connect with us

Pariwisata

Long Weekend Isra Miraj, Kunjungan Wisatawan Naik Berkali Lipat

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Objek wisata di Gunungkidul selama long weekend peringatan hari Isra’ Mi’raj akhir Februari 2022 ini dijubeli oleh wisatawan. Selama tiga hari kemarin, sejak Sabtu (26/02/2022) hingga Senin (28/02/2022), puluhan ribu wisatawan berdatangan ke obyek-obyek wisata Gunungkidul. Kawasan pantai selatan sendiri masih menjadi salah satu destinasi wisata yang terbanyak mendatangkan wisatawan.

Adapun pada liburan akhir pekan kemarin, jumlah wisatawan bahkan melonjak hingga beberapa kali lipat dibandingkan dengan jumlah wisatawan pada akhir pekan sebelumnya. Tak ayal, kemacetan terjadi dari dan menuju objek wisata maupun jalur keluar masuk ke Gunungkidul.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, M Arif Aldian mengatakan bahwa selama long weekend kemarin, wisata Gunugkidul memang diserbu wisatawan. Pihaknya mencatatkan hari Sabtu lalu, jumlah wisatawan yang datang mencapai 6.646 orang. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dari jumlah pengunjung pada hari yang sama pada pekan sebelumnya.

Berita Lainnya  Gunung Batur, Gunung Api Purba Satu-satunya di Pesisir Selatan Gunungkidul

“Sabtu sebelumnya hanya 3.827 orang saja wisatawan yang datang,” kata Arif Aldian, Selasa (01/03/2022) siang.

Sementara itu kunjungan pada hari Minggu (27/02/2022) mencapai 24.362 orang. Jumlah pengunjung tersebut meningkat 150 persen dibanding hari Minggu pekan sebelumnya. Menurut Arif, hari Minggu adalah puncak kunjungan masa libur Isra’ Mi’raj.

“Hari Minggu sebelumnya, pengunjung yang masuk ke Gunungkidul hanya 10.593 orang,” ucapnya.

Tingkat kunjungan sendiri masih cukup tinggi pada hari Senin kemarin. Jumlah wisatawan yang datang mencapai 12.367 orang. Jumlah ini meningkat hingga 5 kali lipat jika dibandingkan dengan hari Senin biasanya yang tingkat kunjungan hanya berkisar pada angka 2.000 orang. Dirinya mengungkapkan, selama long weekend ini, memang dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dan mendongkrak PAD.

Berita Lainnya  Uji Coba Pembukaan Kembali Obyek Wisata Goa Pindul, Pengunjung Dibatasi Maksimal 50 Persen

“Selama long weekend PAD dr retribusi pariwisata kurang lebih 319.427.100 rupiah,” ujar dia.

“Nanti masih banyak hari libur lagi. Tapi karena di tengah pekan, mungkin tidak sebanyak di long weekend kemarin,” imbuhnya.

Arif menjelaskan hingga saat ini objek wisata pantai masih menjadi tempat favorit yang dikunjungi wisatawan. Hingga 95 persen wisatawan lebih memilih ke.pantai daripada ke gunung maupun goa.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Gunungkidul, Sukriyanto mengatakan jika long weekend kemarin cukup membantu mereka. Meskipun demikian, adanya PPKM level 3 ini tetap mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan. Pihaknya masih menemukan adanya sejumlah rombongan yang membatalkan kunjungan.

“Karena PPKM level 3 dan pembatasan pengunjung ada beberapa grup yang membatalkan liburannya ke Gunugkidul,” kata Sukriyanto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler