fbpx
Connect with us

Politik

Partai Politik Diperbolehkan Bongkar Pasang Bacaleg, Gerindra Mulai Susun Calon Anyar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul beberapa waktu lalu telah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Kendati demikian, sebelum dilakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) partai politik masih diberikan kesempatan untuk pergantian bacaleg. Bongkar pasang bacaleg bukan tidak mungkin dilakukan oleh sejumlah partai politik untuk memperkuat jago dan parpol.

Salah satu partai politik yang saat ini mulai melakukan membahas terkait dengan pergantian bacaleg adalah Partai Gerindra. Ada beberapa bacaleg yang nantinya akan diubah oleh partai pada kontestasi demokrasi mendatang. Koordinasi dengan berbagai pihak pun telah dilakukan oleh pimpinan partai tersebut.

Ketua DPC Gerindra Gunungkidul, Purwanto, ST mengatakan kesempatan yang diberikan oleh KPU yaitu pergantian bacaleg untuk berkontestasi pada Pileg 2024 mendatang. Sementsra ini, bacaleg yang resmi akan diusulkan pergantiannya yakni di dapil 1 (Playen Wonosari) dan dapil 3 (Semin, Karangmojo, Ponjong).

Berita Lainnya  Batal Hengkang ke Partai Berkarya dan PKB, Dua Anggota DPRD Gunungkidul Ini Akhirnya Gabung PPP di Menit Akhir

Adapun dua bacaleg baru yang akan dipasang pada dapil tersebut adalah Agus Priyanto mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul yang akan dipasang di Dapil 1. Kemudian ada juga mantan Lurah Jatiayu, Giyono yang akan maju di Dapil 3.

“2 bacaleg itu sudah resmi akan kami pasang di dapil 1 dan 3 menggantikan bacaleg lain. Saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan calon, akan ada calon pengganto lagi di dapil lain ini masih dalam tahap pembahasan,” papar Purwanto saat dihubungi, Sabtu (23/09/2023).

“Selain pensiunan ada pengusaha juga,” jelas dia.

Nantinya setelah KPU membuka tahapan penyerahan berkas pengganti, pihaknya akan segera menyerahkan berkas milik bacaleg pengganti ini. Harapannya dengan pergantian bacaleg akan menambah kekuatan partai politik pada pesta demokrasi mendatang.

Berita Lainnya  Oknum DPRD Diciduk Kejari, Pemberhentian Resminya Masih Menunggu SK Gubernur

“Proses dimulai tgl 24 September sampai penetapan DCT,” sambung dia.

Purwanto menjelaskan pada Pemilu 2024 mendatang Gerindra Gunungkidul menargetkan mendapatkan 9 kursi di DPRD Gunungkidul. Pemasangan tokoh unggulan hingga beberapa upaya persaingan sehat dilakukan oleh partai politik agar target kursi dapat terpenuhi.

Sementara itu, Agus Priyanto mengatakan, dirinya pada 1 September 2023 kemarin sudah tidak lagi menjabat sebagai PNS sebab telah purna tugas. Usai lepas dari status abdi negara, ia masih memiliki keinginan untuk turut membangun Bumi Handayani yang lebih maju dan sebagai penyalur aspirasi masyarakat ke pemerintah. Maka dari itu ia memantapkan diri terjun di dunia politik dan melabuhkan pilihannya ke Partai Gerindra.

Berita Lainnya  Gagal Maju Pilkada, Anton-Suparno Pilih Pasrah Terima Keputusan KPU

“Kendaraan politik melalui Partai Gerindra untuk dapil 1 dengan nomor urut 2,” ujar Agus Priyanto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler