fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pemerintah Pasang 28 Lampu Penerangan Jalan Umum di Sumbergiri

Diterbitkan

pada

BDG

Ponjong,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Kementerian Energi Sumber Daya Mineral melalui Direktoral Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi berkomitmen terus melaksanakan program yang dampaknya langsung dirasaka oleh masyarakat. Salah satunya ialah pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di titik yang masih minim penerangan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Sahid Junaidi, mengatakan pihaknya secara keseluruhan sudah mendirikan 335 unit PJU-TS di Provinsi DIY. Untuk Gunungkidul sendiri saat ini ada penambahan pemasangan PJU-TS sebanyak 28 unit yang berlokasi di Kalurahan Sumbergiri, Kapanewon Ponjong.

“Keseluruhan PJU-TS di Gunungkidul ada 135 unit, termasuk penambahan 28 titik hari ini,” ucap Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Sahid Junaidi,

Berita Lainnya  Tersandung Kasus Korupsi, Sekdin Dinonaktifkan

Menurutnya, dengan adanya bantuan PJU-TS menjadi keuntungan bagi pemerintah daerah karena tetap dapat melayani masyarakat tanpa menimbulkan beban anggaran karena sumber energinya menggunakan tenaga surya.

“Infrastuktur dengan energi khususnya penerangab jalan bisa menjadi perhatian pemerintah daerah,” sambungnya.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, mengungkapkan dari letak geografis Gunungkidul yang merupakan daerah terluas di DIY maka sangat diperlukan adanya penerangan jalan sebagai fasilitas bagi masyarakat khususnya pada malam hari.

Terlebih sering dijumpai jarak antara rumah ataupun RT kerap melalui hutan yabg mana diperlukan penerangan di lokasi tersebut. Ia berharap kedepannya bantuan serupa juga dapat dilakukan khusunya di daerag dengan jalur objek wisata.

Berita Lainnya  Musim Kemarau Mulai Melanda, 2 Kecamatan Ini Mulai Ajukan Permohonan Bantuan Dropping Air

“Tentu ini sebuah manfaat yang dirasakan langsung oleh warga Gubungkidul,” ungkap Heri.

Sementara itu, Lurah Sumbergiri, Suharjono, mengatakan adanya bantuan ini akan berdampak besar bagi masyarakat khususnya warga Padukuhan Bendogede lantarab di wilayah tersebut memang memerlukan penerangan jalan. Diharapkan penerangan jalan dengan tenaga surya ini bisa memberi rasa nyaman bagi warga yang melintasi jalan padukuhan bendogede.

“Ada 28 titik yang dipasang PJU-TS, salah satunya di padukuhan bendogede. Semoga bisa memberikan manfaat bagi warga khususnya saat malam hari,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler