fbpx
Connect with us

Sosial

Peringati Milad ke-13, UPK PPM Satu Hati Siapkan Dana Sosial Ratusan Juta Untuk Warga Playen

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Playen,(pidjar.com)–Selama 13 tahun Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Pengelola Pemberdayaan Masyarakat Satu Hati Playen berdiri, keberadaannya saat ini terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Keberadaan lembaga ini sangat diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih aktif dan mandiri dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki. Sehingga nantinya, kesejahteraan masyarakat bisa dipacu melalui pengembangan ini.

Sebagai bentuk rasa syukur serta apresiasi atas kepercayaan dan dukungan masyarakat Playen hingga di usianya yang ke-13 ini, UPK PPM Satu Hati mengadakan sejumlah kegiatan untuk memperingati Milad atau HUT UPK. Salah satunya yakni dengan diadakannya bazar yang menyuguhkan dan mempromosikan hasil olahan, kerajinan tangan dari masing-masing kelompok. Ada sedikitnya 60 kelompok binaan UPK yang menjajakan hasil produk mereka. Dari sini, perputaran uang pun begitu dirasakan oleh masyarakat umum maupun para anggota UPK.

“Ada sekitar 15 juta rupiah uang yang berputar dalam kegiatan bazar yang kami adakan. Produk dari masing-masing kelompok terjual laris,” kata Manager UPK PPM Satu Hati Playen, Agus Dany, SH. Minggu, (22/09/2019).

Selain memanjakan masyarakat dengan bazar, dalam perayaan Milad UPK Satu Hati Playen ini juga diadakan sejumlah hiburan seni yang disediakan pula doorprize mulai dari perhiasan, alat elektronik, ternak dan puluhan peralatan rumah tangga. Bahkan ada pua perlombaan dan doa bersama yang digelar oleh panitia.

Berita Lainnya  Temui Santri-santri, Anggota DPR RI Ini Berbagi Pengalaman Manfaatkan Teknologi Untuk Kemajuan Bangsa

“Untuk perayaannya sendiri sudah berlangsung sejak Sabtu (21/09/2019) kemarin. Sebelumnya beberapa waktu lalu, kami juga diadakn kegiatan ghatering kelompok bersama stakeholder lainnya di kawasan Jawa Tengah,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Widodo mengatakan, dalam syukuran kali ini, pihaknya mengmbil tema “Bersama UPK PPM Satu Hati Playen membangun, memberdayakan, dan mengembangkan ekonomi keluarga dalam kerangka usaha kecil yang produktif dan berdaya saing menuju kemandirian”. Tema ini diambil sesuai dengan visi dan misi lembaga ini yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat.

Seiring berkembangnya daerah dan pola pikir masyarkat, diharapkan peluang yang ada ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga saat menjadi daerah tujuan wisata, sumber daya manusianya telah siap bersaing. Dalam hal ini selain terobosan juga beberapa kategori yang semakin maju.

“Memupuk semangat masing-masing kelompok untuk lebih maju kembali. Sehingga perekonomian masyarakat dapat terangkat dengan baik,” ucap Widodo.

Dari tahun 2006 yang lalu, keberadaan lembaga ini menjawab kebutuhan permodalan masyarakat dan pengusaha kecil lainnya. Di mana pelayanan yang diberikan maksimal, murah, tanpa agunan dan memerangi pinjaman yang sekiranya memberatkan masyarakat.

Berita Lainnya  Kalahkan Tim Dari Universitas, SMKN 1 Nglipar Sabet Jawara Lomba Gobak Sodor

“Selama ini aset yang dikelola telah mencapai 10,5 miliar. Kemudian untuk tingkat kemacetan sendiri 0,2 persen dari anggota yang ada. Terobosan baru yang sedang kami kembangkan yakni mengalokasikan dana sosial sebesar 260 juta untuk mereka (warga) yang membutuhkan,” ujar Widodo dan Pratiwi Ketua Pengurus PPM Satu Hati.

Sementara itu, Camat Playen Muhammad Setyawan, cukup mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak UPK Playen. Diharapkan kegiatan ini maupun keberadaan UPK PPM Satu Hati Playen dapat terus menggeliatkan perekonomian masyarakat kecil di kawasan ini. Meski berada di kawasan perkotaan, namun dukungan dan dorongan masih dibutuhkan untuk mengentaskan permasalahan perekonomian masyarakat.

“Kita sadari bersama jika perekonomian warga perlu ditingkatkan. Sehingga kualitas hidup mereka jauh lebih baik, keberadaan UPK sangatlah dibutuhkan untuk memberikan ruang bagi masyarakat yang mau berkembang dan maju secara mandiri,” terang Setyawan.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler