fbpx
Connect with us

Politik

Pilih Maju Jadi Caleg, Heri Mundur Dari Jabatan Lurahnya

Diterbitkan

pada

BDG

Saptosari,(pidjar.com)–Komisi pemilihan umum (KPU) Gunungkidul telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dalam penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang. Dalam kontestasi politik ini dapat diikuti oleh semua kalangan, baik masyarakat umum, pengusaha, pensiunan dan lain sebagainya. Bahkan Lurah atau kepala desa bisa mencalonkan diri dalam pesta demokrasi ini, tentunya dengan syarat harus mengundurkan diri dari jabatan lurah aktif.

Di Kabupaten Gunungkidul sendiri, saat ini ada satu Lurah yang mengajukan pengunduran diri untuk bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif dari PDI Perjuangan. Adalah Heri Yulianto, Lurah Ngloro, Kapanewon Saptosari yang telah mengirimkan surat pengunduran dirinya ke Bupati Gunungkidul.

“Surat permohonan ini ditujukan ke Bupati Gunungkidul dengan tembusan dinas terkait dan Bamuskal. Tertanggal 4 Mei 2023 kemarin surat permohonan pengunduran diri sudah diterima oleh Bamuskal,” kata Heri Yulianto saat dikonfirmasi, Minggu (07/05/2023).

Berita Lainnya  Satu Nama di Dua Parpol dan Mantan Napi Korupsi Jadi Temuan Verifikasi Bacaleg KPU

“Surat permohonan pengunduran diri ini sebagai syarat administrasi untuk mendaftarkan diri ke KPU sebagai bacaleg,” imbuh dia.

Ketua paguyuban lurah se Gunungkidul ini memilih meninggalkan jabatannya sebagai lurah untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) V yang meliputi Kapanewon Paliyan, Tanjungsari, Saptosari, Panggang, dan Purwosari. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangannya untuk melangkah lebih jauh lagi.

“Ada banyak pertimbangan utama nya untuk pengabdian terhadap masyarakat. Kalau lurah kan skupnya ya hanya di kalurahan, tapi saya ingin mengepakkan sayap lebih jauh lagi. Ada banyak aspirasi masyarakat yang harus diperjuangkan,” papar Heri.

Dijelaskan, pada Pileg 2024 ia memilih menggunakan kendaraan politik dari PDI Perjuangan untuk bisa maju menjadi wakil rakyat.

Berita Lainnya  Ironi Gembar-gembor Melejitnya Pariwisata Gunungkidul di Tengah Minimnya Pendapatan Pajak Hotel dan Restoran

“Untuk sekarang saya masih ngantor seperti biasa. Tertanggal SK Pemberhentian saya diserahkan oleh bupati nah itu saya masuk pada masa purna tugas,” ujar Lurah Ngloro 2 periode tersebut.

Disinggung mengenai lurah lain yang mengikuti jejaknya masuk dalam partai politik dan nyaleg di 2024 ia mengatakan hingga sekarang belum ada yang mengirimkan surat pengunduran diri.

“Kemarin ada beberapa teman Lurah yang akan nyaleg juga, tapi sampai sekarang saya belum tahu perkembangannya bagaimana. Kalau yang sudah mengajukan surat pengunduran diri baru saya, yang lain belum ada informasi lagi,” ujar Heri.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Administrasi dan Aparatur Pemerintahan Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kiswantoro mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi berkaitan dengan adanya lurah yang hendak maju sebagai bakal calon legislatif.

Berita Lainnya  Kisah Tumbangnya Kades Petahana Pulutan Akibat Selisih 70 Suara

“Sudah mendapatkan informasi itu, tapi kalau untuk suratnya belum sampai ke kami. Tentunya akan segera diproses kalau sudah sampai ke dinas,” ujar Kriswantoro.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler