fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Puluhan Anggota Paskibra Positif Covid, 4 Dirawat di RSUD Wonosari

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sejumlah Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas pada 17 Agustus 2021 lalu di Alun-alun Wonosari positif covid19. Berdasarkan data yang beredar, sedikitnya ada 20 siswa-siswi dari berbagai SMA maupun SMK di Gunungkidul yang dinyatakan positif covid19. Hal ini merupakan hasil screening pasca temuan adanya beberapa anggota Paskibraka yang mengeluhkan sakit. Dari jumlah ini, empat orang diantaranya saat ini mendapatkan perawatan di RSUD Wonosari.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty belum bisa mengatakan jumlah pasti petugas Paskibraka yang terkena covid19. Namun demikian, pihaknya tak mengetahui bagaimana asal muasal penularan virus kepada para anggota Paskibara. Hal ini lantaran, seluruh rangkaian dari awal karantina hingga selesai karantina sudah memenuhi protokol kesehatan.

“Mereka (para siswa) kami swab terlebih dahulu sebelum dikarantina, begitu negatif masuk karantina. Ini yang menangani kami, karena kami diminta,” beber Dewi, Kamis (19/08/2021).

Dewi menambahkan, selama karantina para anggota Paskibra Kabupaten Gunungkidul ini tidak keluar sama sekali. Kendati begitu, dari kacamata kesehatan, memang betul mereka dikarantina, namun para pelatih tidak. Sehingga ada kemungkinan hal ini menjadi sarana penularan bagi siswa yang menjalani karantina sebelum bertugas.

“Termasuk para pelayan, mungkin pelayan bersih-bersih dan petugas lainnya kan juga pulang. Saya juga nggak tahu proses di karantina seperti apa. Disdikpora yang paham betul,” sambung dia.

Terpisah, Direktur RSUD Wonosari, Heru Sulistyowati membenarkan ada petugas Paskibraka Gunungkidul yang dirawat di RSUD Wonosari. Ada 4 orang yang tengah menjalani perawatan. Para siswa tersebut mengalami gejala sehingga kemudian dilakukan langkah lanjutan dari pihak medis. Namun demikian, ketika disinggung mengenai keadaan para siswa itu, Heru enggan menjelaskan lebih lanjut.

“Betul ada yang kami rawat, jumlahnya ada empat,” ucap Heru singkat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Gunungkidul Irfan Ratnadi mengatakan, para petugas Paskibraka sempat bertugas dan mengikuti rangkaian kegiatan ice breaking pada malam harinya. Namun dalam acara itu, ada empat orang siswa yang mengeluhkan demam.

“Langsung dibawa ke rumah sakit, diswab ternyata positif,” kata Irfan.

Karena ada empat yang positif, lanjut Irfan, seluruh peserta yang berjumlah 72 orang langsung diswab. Irfan belum bisa menyebut pasti jumlah peserta positif.

“Tapi mereka yang positif kebanyakan bergejala ringan sehingga bisa isolasi mandiri,” beber dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengaku belum mendapatkan data valid berkaitan dengan pra anggota Paskibra yang terkonfirmasi positif. Jika ada, ia berharap para petugas Paskibraka segera ditangani dengan baik.

“Shelter Wanagama itu bisa digunakan nanti untuk para petugas Paskibraka. Intinya dipastikan harus ditangani dengan baik,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler