fbpx
Connect with us

Sosial

Ribuan Pohon Ditanam di Kalurahan Bendung, Warisan Alam Lestari Untuk Anak Cucu

Diterbitkan

pada

BDG

Semin, (pidjar.com)–Sebanyak 5.000 pohon akan ditanam di Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin. Kegiatan tersebut dicanangkan untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim yang semakin dirasakan oleh masyarakat. Secara simbolis, Gerakan Tanam Pohon Demi Masa Depan telah dilaksanakan pada Kamis (07/07/2022) siang tadi.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, mengapresiasi adanya Gerakan Tanam Pohon Demi Masa Depan di Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin. Kegiatan yang diinisiasi oleh PT. Telkom Indonesia itu diharapkan dapat membantu mengurai permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya pada sektor konservasi lingkungan. Menurutnya, untuk menyelesaikan permasalahan di Gunungkidul pemerintah perlu berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mempercepat tumbuhnya kesejahteraan di masyarakat.

“Minimal kita bisa memberikan sunbangsih untuk menghadapi perubahan iklim serta untuk mengantisipasi pemanasan global,” ucap Heri, Kamis siang.

Terkait dengan penanaman pohon, ia berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat serta kelestarian lingkungan sekitar. Meskipun hasilnya baru bisa diketahui serta dinikmati beberapa tahun mendatang, namun ia yakin jika kegiatan ini akan memperlihatkan dampak pada generasi selanjutnya.

“Konsep besarnya adalah bagaimana kita dapat meninggalkan warisan yang akan dilanjutkan anak cucu untuk kelestarian alam,” papar Wakil Bupati.

Sementara itu, General Manager PT. Telkom Wilayah DIY, Agus Faisal, mengatakan jika Gerakan Tanam Pohon Demi Masa Depan merupakan bagian dari kewajiban perusahaannya terhadap Indonesia. Di Gunungkidul sendiri, pihaknya akan menanam sebanyak 5.000 pohon di lahan seluas 5 Hektare yang terletak di Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin.

Berita Lainnya  Ironi Jalan Perbatasan di Kawasan Timur Yang Seperti Kali Asat, Ini Janji Pemerintah Kabupaten

“Secara keseluruhan di Indonesia itu ada target 50 ribu hektare bisa kita tanami pohon. Nah di Gunungkidul kebagian 5.000 hektare,” jelasnya.

Jenis pohon yang ditanam sendiri terdiri dari buah-buahan dan pohon jenis keras. Diharapkan selain berdampak pada kelestarian lingkungan, penanaman pohon ini dapat berdampak positif bagi sosial ekonomi masyarakat. Ia mencontohkan, ketika buah-buahan ini nanti sudah tumbuh dan dapat dipanen maka masyarakat setempat dapat memanfaatkannya untuk dijual.

“Ada delapan jenis pohon yang ditanam seperti jambu, alpukat, kelengkeng, mangga, trembesi, jati, akasia, nah itu diharapkan memberikan dampak pada kelestarian lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat,” terang dia.

Ia pun meminta agar masyarakat serta Pemerintah Kalurahan Bendung untuk bersama-sama merawat dan menjaga agar pohon yang ditanam berkembang dengan baik. Sehingga nantinya masyarakat juga yang akan menikmati hasilnya.

Berita Lainnya  Idul Adha Masih Sebulan Lagi, Harga Hewan Ternak Mulai Merangkak Naik

“Dibantu dijaga terus, tujuan dari program ini diantaranya untuk masa depan konservasi lingkungan. Tanaman dipilih yang memang cocok dengan lingkungan dan menahan air,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler