fbpx
Connect with us

Peristiwa

Sidak Makanan di Taman Kuliner, BBPOM Temukan Puli Mengandung Boraks

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Balai Besar Pengawas Obat dsn Makanan (BBPOM) Yogyakarta, Kamis (06/05/2021) sore tadi memantau kandungan makanan di Taman Kuliner Wonosari. Pantauan ini rutin dilakukan BPOM setiap Ramadhan.

Kepala BBPOM Yogyakarta Dewi Prawitasari mengatakan, sebanyak 34 sampel pangan diteliti untuk pengujian. Dari puluhan sampel tersebut, ditemukan tiga yang mengandung boraks.

“Ketiganya adalah jenis krupuk puli atau gendar, memang makanan yang mengandung boraks cenderung tidak mudah hancur dan kenyal,” kata Dewi.

Dikatakan Dewi, selain gurih, makanan yang mengandung boraks cenderung akan menimbulkan efek kering di tenggorokan. Apabila dikonsumsi terus menerus justru akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh manusia.

“Memang perlu diwaspadai apalagi di masa Ramadhan seperti saat ini banyak sekali para pedagang dadakan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, BBPOM juga mengambil sampel makanan seperti empek-empek, bakso, mie, tahu kuning, gorengan dan esbuah. Namun dari sekian sampel makanan hanya puli yang dipastikan mengandung boraks.

“Pedagang yang menjual makanan dengan kandungan boraks langsung kami minta membuat surat pernyataam untuk tidak lagi menjual makanan dengan kandungan yang membahayakan,” papar Dewi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler