fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Mengonsumsi Jus Seledri

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Jus seledri memang masih terdengar cukup asing. Seledri sendiri lebih sering dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan dibanding sebagai bahan membuat jus. Tak heran, nama seledri tak sepopuler seperti jus sayuran lainnya. Daun seledri mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan beta karoten. Beragam zat tersebut tergolong sebagai antioksidan, yang berperan dalam mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas. Nah, berikut ini adalah tujuh manfaat jus seledri dilansir dari sayurbox.com.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat mengonsumsi sayuran hijau yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Begitu juga jika Anda mengonsumsi jus seledri. Kandungan senyawa 3-N-butylphthalide yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. Jika Anda rutin mengonsumsinya, maka kadar kolesterol jahat atau HDL dan trigliserida dalam tubuh dapat menurun dan tubuh Anda juga akan terasa lebih sehat.

Berita Lainnya  Enam Fakta Tentang Di Balik Pembuatan Film-Film Box Office Dunia

Meringankan Nyeri Sendi

Seledri juga kerap dimanfaatkan sebagai obat meringankan gejala nyeri sendi. Kandungan antiinflamasi yang ada di daunnya diyakini mampu membantu meringankan gejala sakit pada radang sendi dan rematik. Selain senyawa 3-N-butylphthalide, kandungan pada batang seledri juga dipercaya sebagai obat diuretik untuk mengatasi asam urat.

Menurunkan Tekanan Darah

Rutin mengonsumsi jus seledri juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut tentunya berkat kandungan kalium yang ada di dalamnya. Seperti yang Anda ketahui, kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor utama risiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Makanan dengan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar, Anda bisa mengonsumsi jus yang satu ini secara rutin. Jus seledri dipercaya mampu meredakan kembung, meningkatkan sirkulasi darah pada usus, serta mencegah penyakit ulkus dengan cara meningkatkan produksi mukus.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Berita Lainnya  Resep Cookies And Cream Popcorn

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu infeksi yang terjadi pada organ area saluran kemih, termasuk juga ginjal hingga uretra. Untuk mencegah terjadi infeksi ini, Anda bisa mengonsumsi jus seledri secara rutin. Daun seledri sendiri memang kerap dijadikan sebagai obat diuretik dan dipercaya mampu mencegah infeksi saluran kemih. Di sisi lain, seledri juga dapat membantu merangsang produksi urin seseorang. Namun harus diingat, Anda juga harus menjaga konsumsi air yang cukup agar tidak terjadi masalah tersebut. Anda yang ingin membuat jus seledri? Anda bisa membeli seledri dan bahan-bahan sayuran serta buah lainnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, klik tombol di bawah ini, ya!

Membantu Menurunkan Berat Badan

Berita Lainnya  Lima Jajanan Anak Sekolah dari Masa ke Masa

Untuk Anda yang sedang dalam masa program menurunkan berat badan, Anda bisa memanfaatkan jus seledri sebagai alternatif asupan dalam menu sehat Anda. Selain kaya akan nutrisi, seledri juga kaya akan serat dan rendah kalori. Karakteristik tersebut tentunya sangat cocok dalam memenuhi kebutuhan asupan tubuh Anda saat menjalankan program diet. Kandungan vitamin dan mineral pada seledri juga cukup tinggi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkena malnutrisi.

Sumber Antioksidan

Pola hidup yang tidak sehat serta polusi udara yang terus memburuk tentunya membuat tubuh dapat terserang radikal bebas. Untuk itu, Anda membutuhkan antioksidan untuk menangkalnya. Salah satu sumber utama untuk mendapatkan antioksidan yang baik yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Seledri sangat cocok menjadi salah satu sumber antioksidan bagi tubuh karena kaya vitamin C, beta karoten, flavonoid, dan senyawa antioksidan lainnya.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler