fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Tanaman Kenikir Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tumbuhan yang satu ini berasal dari Amerika Latin, tetapi kenikir juga tumbuh sangat subur di Indonesia. Yang membuat tumbuhan ini jadi sangat istimewa adalah terdapat kandungan flavonoid, polifenol, saponin, kalsium, tokoferol, terpenoid, dan masih banyak zat maupun mineral penting lainnya dalam daun kenikir. Sejak dulu hingga sekarang manfaat daun kenikir memang sangat banyak untuk kesehatan. Tumbuhan ini bisa menjadi obat alami yang mujarab untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Apa saja manfaat dari daun kenikir ini? Simak ulasan selengkapnya.

Melancarkan ASI

Bagi ibu menyusui, kelancaran ASI memang sangat penting untuk memberikan asupan nutrisi kepada bayinya. Sayangnya, tidak semua ibu menyusui dapat menghasilkan ASI yang berlimpah. Kadang-kadang ASI sangat susah keluar dan harus dipompa terlebih dahulu. Manfaat daun kenikir yang pertama adalah melancarkan ASI. Selain meminum air rebusan daun kenikir, ibu menyusui juga dapat mengoleskan daun kenikir yang sudah dihaluskan di sekitar payudara dan puting. Sebelum menyusui bayinya, bersihkan olesan daun kenikir tersebut dengan handuk basah.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun keniki mengandung flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa untuk menghancurkan sel kanker di dalam tubuh manusia. Bahkan, jika penderita kanker mengonsumsi air rebusan daun kenikir secara teratur bukan suatu hal yang mustahil jika sel kanker dapat dihancurkan dan menghentikan penyebarannya. Selain minum air rebusan daun kenikir, penderita kanker juga disarankan mengonsumsi suplemen ekstrak daun kenikir untuk menghambat pertumbuhan sel kanker secara lebih efektif. Daun kenikir dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker lambung, dan kanker hati.

Berita Lainnya  Sembilan Tips Memilih Tas

Mengobati Sakit Maag

Apakah selama ini Anda hidup dengan penyakit maag? Penyakit yang satu ini bisa menjadi kronis jika dibiarkan begitu saja. Cobalah mengobati sakit maag Anda dengan daun kenikir karena tumbuhan ini mengandung tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang dapat menetralkan asam lambung yang tinggi. Zat alami tersebut juga dapat mengobati luka pada lambung yang biasa dialami oleh penderita tukak lambung. Penderita sakit maag bisa mengonsumsi daun kenikir ini dengan memakannya sebagai lalapan atau ditumis untuk menjadi lauk.

Memperkuat Fungsi Jantung

Satu lagi manfaat daun kenikir yang dapat mengatasi masalah kesehatan yang cukup serius, yakni memperkuat fungsi jantung yang lemah. Senyawa flavonoid di dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh, termasuk pada jantung. Senyawa flavonoid juga membantu untuk melancarkan aliran darah ke jantung. Apabila aliran darah menuju jantung lancar, maka otot-otot yang berada di sekitar jantung juga menjadi lebih kuat. Untuk memperkuat fungsi jantung dengan memanfaatkan daun kenikir, minumlah air rebusan kenikir 2 kali sehari secara rutin setiap hari.

Berita Lainnya  Lima Film Romantis Tentang Cinta Tak Harus Bersama

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sering sakit flu atau sakit tenggorokan? Itu tandanya bahwa sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Perbaiki kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda dengan daun kenikir. Tumbuhan ini mengandung Vitamin A, C, dan E yang dapat bekerja untuk memperkuat sistem imun agar Anda tidak mudah sakit. Di samping itu, kandungan protein nabati di dalam daun kenikir juga berkontribusi dalam proses pembentukan fagosit yang berperan penting dalam memperkuat sistem imun. Selain dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, daun kenikir juga dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh secara optimal.

Detoksifikasi Alami Bagi Tubuh

Tahukah Anda bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat menghasilkan toksin (racun) yang mengendap di dalam darah? Akibatnya, toksin tersebut dapat berkembang menjadi berbagai penyakit. Salah satu cara untuk membersihkan darah dari toksin adalah dengan melakukan detoksifikasi. Kombinasi antara Vitamin E dan flavonoid di dalam daun kenikir dapat membuat tumbuhan tersebut menjadi detoksifikasi alami untuk membersihkan darah. Untuk detoksifikasi dengan daun kenikir ini, Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun kenikir atau justru memasak daun ini menjadi hidangan untuk dikonsumsi. Detoksifikasi secara rutin dapat membuat darah menjadi lebih bersih dari zat-zat beracun.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler