fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Antisipasi Kiriman Sampah dari Luar Daerah, Petugas Perketat Pembuangan Sampah di TPAS Wukirsari

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul melalui Unit Pelaksana Teknis Kebersihan dan Pertamanan mulai memperketat pembuangan sampah di Tempat pemrosesan akhir Sampah (TPAS) Wukirsari. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya sampah dari luar Gunungkidul yang masuk TPAS Wukirsari, Kalurahan Baleharjo, Kapanewon Wonosari.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan dan Pertamanan, Heri Kuswantoro mengatakan, sejak ditutupnya TPA Piyungan Kabupaten Bantul beberapa waktu lalu, unit kebersihan DLH Kabupaten Gunungkidul kemudian mengambil tindakan memperketat proses pembuangan sampah. Sebab beberapa hari lalu didapati ada 2 kendaraan dari daerah lain yang masuk dan hendak membuang sampah di TPAS Wukirsari.

Yang pertama terjadi pada 22 Juli kemari, sebuah truk bermuatan sampah dar luar Gunungkidul masuk hendak membuang sampah di TPAS Wukirsari dan yang kedua terjadi [ada 25 Juli 2023 kemarin. Penghalauan kemudian dilakukan oleh petugas.

Berita Lainnya  Penolakan Tugu Tobong Tak Digubris, DPRD Segera Gunakan Hak Interpelasi Panggil Bupati

“Kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap petugas dan kendaraan yang masuk. Memastikan bahwa sampah yang dibuang itu dari Gunungkidul atau luar Gunungkidul,” terang Heri Kuswantoro.

Sesuai dengan aturan yang berlaku yakni Perda nomor 14 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga, TPAS Wukirsari hanya menerima sampah-sampah dari wilayah Gunungkidul saja. Sementara dari daerah lain tidak bisa dibuang dan diproses di lokasi tersebut.

“Aturannya jelas, TPAS Wukirsari tidak menerima sampah dari luar Gunungkidul,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan peraturan daerah memang menyebutkan jika TPAS Wukirsari hanya menerima kiriman sampah dari dalam Gunungkidul saja. Akan tetapi ada kekhususan tersendiri bila dijalin kerjasama antar pemerintah.

Berita Lainnya  Basmi Spora, Tanah Lokasi Ternak Positif Antraks Segera Disemen

Kendati demikian, di TPAS tersebut juga sudah mulai overkapasitas. Sehingga tidak memungkinkan bila menerima kiriman sampah dari daerah lain. Pun demikian hingga saat ini belum ada komunikasi dengan pihak lain terkait dengan pembuangan sampah ke Gunungkidul.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler