fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gempa Bumi di Barat Laut Gunungkidul Pagi Ini Masuk Kategori Dangkal

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Gunungkidul Senin (12/08/2019) pagi. BMKG sendiri merilis gempa yang mengguncang Kabupaten Gunungkidul berkekuatan 3.0 SR. Adapun sumber gempa yakni pada 12 Kilometer Barat Laut Kabupaten Gunungkidul dengan kedalaman 10 Kilometer.

Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki yang telah mendapatkan informasi dari Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta Agus Riyanto mengatakan, BMKG mencatat apabila diperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hingga pukul 08.00 WIB tidak terjadi gempa susulan.

“Kendati kecil tapi getaran dapat dirasakan hingga Kabupaten Bantul,” ujar Edy.

Lebih lanjut ia mengatakan gempa yang mengguncang Gunungkidul tidak berpotensi tsunami. Pihaknya juga tidak mendapat laporan atas kerusakan akibat gempa.

Berita Lainnya  Ngaku Ambil Pesanan di Pasar, Oknum PNS Terjaring Razia Petugas Satpol PP

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Edy.

Dikatakan Edy informasi resmi mengenai gempa hanya bersumber dari BMKG. BMKG sendiri saat ini tah memiliki kanal resmi yang telah terverifikasi seperti di instagram, twittet @infoBMKG , website www.bmkg.go.id atau melalui Apps baik iOS dan Android.

“Selain dari sumber kanal BMKG sudah dipastikan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya.

Sejumlah warga tidak begitu merasakan adanya gempa. Hal ini lantaran kekuatan gempa yang terbilang cukup rendah.

“Saya sama sekali tidak merasakan getaran gempa, tapi memang saya sendiri mulai was was gempa makin kesini makin sering terjadi,” ujar salah seorang warga di Desa Siraman, Rokhima.

 

Berita Lainnya  Mayat Tanpa Identitas Tergeletak di Tahura, Mulut dan Hidung Keluar Darah

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler