fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Handayani Mulai Ramai Dikunjungi, Peredaran Narkoba Patut Diwaspadai

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Peredaran narkoba di Bumi Handayani dalam beberapa tahun terakhir memang perlu di waspadai. Menyusul tingginya mobilitas masyarakat baik keluar maupun masuk ke Gunungkidul.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, menyampaikan seiring dengan peningkatan perekonomian masyarakat saat ini Kabupaten Gunungkidul mulai menjadi wilayah yang ramai. Menurutnya, perkembangan tersebut memberikan dampak positif serta dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang perlu diperhatikan ialah meningkatnya potensi penyebaran narkoba.

“Kegiatan ekonomi masyarakat saat ini juga semakin beragam mulai di bidang pariwisata, industri, perdagangan, pertanian, dan sebagainya. Tingginya mobilitas masyarakat baik masuk ataupun keluar Gunungkidul berpotensi menjadi jalur penyebaran narkoba,” jelasnya.

Ditambahkannya, Kabupaten Gunungkidul merupakan wilayah terluas di Provinsi DIY. Hampir separuh luas Provinsi DIY merupakan wilayah Kabupaten Gunungkidul. Untuk mengatasi potensi penyebaran narkoba di Gunungkidul, menurutnya perlu kerjasama lintas instansi serta masyarakat. Ia optimis dengan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat, Pemerintah Daerah, dan aparat penegak hukum bisa meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Perlu adanya mitigasi yang dilakukan seperti melakukan tes urin bagi remaja, dan juga menyasar para pegawai bahkan pejabat daerah,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Bangsal Sewoko Projo Mulai Direvitalisasi, Begini Rencana Dinas Kebudayaan

Sementara itu, Koordinator Bidang P2M BNNP DIY, mengatakan untuk menjalin sinergitas dengan Pemkab Gunungkidul dalam upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika pihaknya melaksanakan rapat koordinasi pengembangan pembinaan kabupaten/kota tanggap ancaman narkoba di Gunungkidul. Diharapkan berbagai pihak terkait dapat bersama-sama mengantisipasi penyebaran narkoba di Gunungkidul.

“Harapannya upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika ini bisa menjadi salah satu prioritas di daerah,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler