fbpx
Connect with us

Sosial

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Belum Signifikan, Belum Akan Dilakukan Operasi Pasar

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyebut sejumlah harga bahan pokok memang telah mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadhan ini. Namun demikian, kenaikan yang terjadi saat ini disebut belum cukup signifikan. Harga komoditas masih cenderung stabil. Masyarakat sendiri dihimbau untuk tidak khawatir, sebab fenomena ini memang sudah jamak terjadi pada setiap tahun.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Virgilio Soriano mengatakan, kenaikan harga bahan pokok terpantau terjadi di tiga pasar di Kabupaten Gunungkidul yaitu di pasar Argosari, Pasar Playen dan Pasar Semanu. Kenaikan sendiri terlihat sejak beberapa hari lalu.

“Ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga namun saat ini masih belum signifikan dan juga belum menyeluruh, yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi yaitu bawang putih yang awalnya Rp 34 ribu menjadi Rp 42 ribu,” katanya, Jumat (26/04/2019).

Ia menambahkan, untuk saat ini meski sudah ada trend kenaikan harga, pihaknya belum akan melakukan operasi pasar. Namun demikian, pihaknya akan melakukan koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memantau harga di pasaran hingga pada masa puasa dan Idul Fitri.

Berita Lainnya  Pencabutan Maklumat Kapolri Terkait Antisipasi Covid19, Bagaimana Nasib Hajatan di Gunungkidul?

“Jika operasi pasar benar-benar dibutuhkan untuk menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil, kami siap untuk melakukan operasi pasar,” kata dia.

Lebih lanjut disampaikan Virgilio Soriano, meski sudah ada kenaikan harga, untuk untuk stok kebutuhan pokok masih aman. Hingga saat ini belum ada ditemui kelangkaan yang terjadi di pasar-pasar induk Kabupaten Gunungkidul. Pihaknya menyebut sampai saat ini sejumlah bahan pokok masih sangat aman jika dilihat dari segi jumlahnya di pasaran.

“Hasil pantauan kami stok masih aman hingga saat ini belum ada laporan adanya kelangkaan salah satu bahan pokok,” katanya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, jelang bulan Ramadhan kali biasanya diikuti oleh kenaikan harga kebutuhan pokok namun di Gunungkidul sendiri kenaikan harga masih dalam taraf wajar. Hal ini hampir terjadi setiap tahun, sehingga pihaknya menghimbau masyatakat untuk tetap tenang.

Berita Lainnya  Animo Masyarakat Tinggi, Pemkab Rencanakan Bangun Rusunawa Jilid II

“Dibandingkan dengan daerah lainnya kenaikan harga di Gunungkidul cenderung lebih rendah,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler