fbpx
Connect with us

Sosial

Miliki Garis Pantai Terpanjang, Tingkat Konsumsi Ikan Gunungkidul Kalah Jauh Dibanding Kulonprogo

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul didorong untuk harus mampu mewujudkan visi misi Gubernur DIY yaitu among tani dagang layar. Potensi pantai serta laut di Gunungkidul yang melimpah menjadi alasan bahwa visi ini bisa menjadi masa depan Gunungkidul pada masa yang akan datang. Sebagaimana diketahui, Kabupaten Gunungkidul memiliki garis pantai terpanjang diantara kabupaten lainnya.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, luasan pantai ini sebaiknya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah maupun para warga Gunungkidul. Dengan adanya pantai yang panjang ini, diharapkan produksi ikan dapat meningkat sehingga tingkat konsumsi masyarakat terhadap olahan hasil laut dapat dimaksimalkan.

“Kita memiliki garis pantai yang panjang tetapi makanan dari olahan ikan tidak familiar bagi masyarakat Gunungkidul. Ini sebenarnya bisa menjadi embrio bahwa olahan ikan bisa menjadi makanan khas Gunungkidul,” ujar Endah, Sabtu (26/10/2019).

Ia menyayangkan, garis pantai yang panjang ini belum berdampak terhadap tingkat komsumsi ikan. Selama ini, Gunungkidul masih kalah dibanding dengan wilayah lain di DIY.

Berita Lainnya  Dilaunching Besar-besaran Hampir Setahun Silam, Website-website OPD Pemkab Gunungkidul Masih Minim Unggahan

“Konsumsi ikan kita masih kalah dengan Kulonprogo,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gunungkidul, Krisna Berlian memaparkan, pihaknya terus mengenjot konsumsi ikan masyarakat Gunungkidul. Ia mengakui bahwa saat ini konsumsi ikan di Kabupaten Gunungkidul masih cukup rendah.

“Dibanding tahun lalu sebenarnya sudah ada peningkatan, tahun lalu diangka 19 per kapita, sedangkan tahun ini sudah ada peningkatan pada angka 21 per kapita. Kulonprogo sendiri sudah menyentuh angka 24 per kapita,” ujarnya.

Ia menyampaikan, salah satu yang akan dilakukan dalam rangka menggenjot konsumsi ikan adalah dengan terus mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat Gunungkidul. Kampanye ini menurutnya, sesuai dengan visi misi bupati yang ingin mencetak generasi yang berdaya saing.

Berita Lainnya  Operasi Keselamatan Polres Gunungkidul, 3 Jalur Ini Bakal Jadi Fokus Razia

“Kita ketahui bersama kalau ikan mengandung banyak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak,” ucap Krisna.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler