fbpx
Connect with us

Pemerintahan

RSUD Wonosari Ditunjuk Jadi Salah Satu Rujukan Penanganan Virus Corona di DIY

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu di antara empat fasilitas kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditunjuk sebagai rujukan bagi penanganan pasien Corona atau Covid19. Adapun penunjukkan ini sendiri ditentukan oleh Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menjelaskan, selain RSUD Wonosari, rumah sakit lain di DIY yang menjadi rujukan penanganan pasien Corona yakni RSUP dr. Sardjito, RSUD Wates dan RSUD Panembahan Senopati.

Dikatakan Dewi, RSUD Wonosari sendiri telah siap dalam menangani para pasien yang ditengarai terpapar virus berbahaya ini. RSUD Wonosari disebut Dewi sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai dan relatif lengkap.

Berita Lainnya  Cerita Mbah Loso, Lansia yang Hidup di Gubuk Kecil Pinggir Telaga

“RSUD Wonosari sudah memiliki ruang isolasi untuk perawatan penyakit menular, seperti Corona ini,” kata Dewi, kepada pidjar.com, Kamis (12/03/2020).

Ke depan, lanjut Dewi, ruang isolasi itu akan lebih dipersiapkan oleh RSUD Wonosari dan Dinkes Gunungkidul. Persiapan menjadi penting lantaran ruangan-ruangan tersebut selama ini jarang digunakan.

“Pakaian khusus untuk penanganan pasien Corona juga sudah kami siapkan,” jelasnya.

Dikatakan Dewi, koordinasi antisipasi dan penanganan terhadap pasien yang terdampak Corona telah menjadi perhatian jajaran pemerintahan. Penanganan virus Covid19 ini dilakukan dengan seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Sementara itu, Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Playen I, Muchamad Cholid beberapa waktu yang lalu menjelaskan, kesiapsiagaan terait penanganan beserta antisipasi Corona sudah disampaikan kepada masing-masing kepala Puskesmas. Sebagai tingkat Pratama, Puskesmas bisa menjadi rujukan awal bagi warga yang mengalami gejala penyakit yang mirip dengan Corona.

Berita Lainnya  Pasar Sayur Dadakan Besari Sebagai Ajang Saling Berbagi

“Kewenangan Puskesmas sebatas penanganan awal, selanjutnya dirujuk ke RSUD,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler