fbpx
Connect with us

Pendidikan

Sambut Peringatan Hari Pramuka ke 60 Tahun, Kwarcab Gunungkidul Adakan Kegiatan Sosial

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–14 Agustus 2021 besok akan diperingati Hari Pramuka  yang ke 60 tahun. Meski di tengah pandemi akan tetapi tidak menyurutkan semangat anggota pramuka untuk melakukan berbagai kegiatan dalam menyongsong peringatan tersebut. Seperti pada Kamis (12/08/2021) kemarin Pramuka Kwarcab Gunungkidul menyelenggarakan donor darah.

Sebagai informasi, gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan pendidikan luar sekolah yang merupakan wadah pendidikan dan kaderisasi para tunas-tunas bangsa. Mereka memiliki semangat kebangsaaan dan persatuan tinggi, sehingga diharapkan Gerakan Pramuka dapat menunjukkan eksistensinya dalam mengisi kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan visi misi Kwartir Cabang Pramuka Gunungkidul adalah Kokoh, Bersinergi, Berprestasi sehingga perlu usaha yang konkrit untuk merealisasikannya. Selama ini anggota Pramuka terus ditempa agar jiwa sosial dan kemanusiaannya muncul.

Seperti halnya dalam nenyongsong Peringatan Hari Pramuka ke 60 dilakukan beberapa kegiatan yang sifatnya sosial.

“Kita adakan gerakan donor darah. Alhamdulillah pesertanya juga lumayan antusias. Ini sebagai bentuk membantu pasien rumah sakit yang membutuhkan bantuan darah,” jelas Bahron, Jumat (13/08/2021).

Beberapa lomba juga digelar untuj anggota pramuka. Pastinya semua kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar tidak menjadi pelanggaran aturan.

Diadakan lomba mendongeng dan menyanyi untuk anggota Pramuka yang berpangkalan di Gugus Depan berbasis SD/MI, lomba baca puisi dan fotografi untuk anggota Pramuka yang berpangkalan di Gugus Depan berbasis SMP/MTs, lomba design poster dan design kampanye Hari Pramuka di Twibbonize untuk anggota Pramuka yang berpangkalan di Gugus Depan berbasis SMA/SMK/MA serta lomba video podcast Hari Pramuka untuk Pelatih dan Pembina Pramuka.

Selain lomba akan dilaksanakan juga kegiatan anjangsana dan ziarah ke makam tokoh Pramuka, donor darah, sarasehan, ulang janji, apel hari Pramuka, pelantikan 30 Pramuka Garuda. Kemudian pengukuhan 21 Pembina Mahir, penyerahan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) berupa 1 Tanda Penghargaan Lencana Melati, 10 Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti serta 13 Tanda Penghargaan Lencana Teladan.

“Besok adalah puncak dari peringatan Hari Pramuka. Harapan kedepan anggota Pramuka lebih memahami potensi dan memaksimalkan kemampuan diri untuk hal positif sebagai bekal untuk kehidupan di masa depan,” tutup Bahron.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler