fbpx
Connect with us

Sosial

Terpilih Kembali Menjadi Ketua Umum IKG, Edi Sukirman : Jangan Merantau, Jadi Perantau Berat

Published

on

Jakarta,(pidjar.com)–Menjadi perantau bukanlah hal yang mudah, kata-kata tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG), Edi Sukirman yang kembali terpilih menjadi ketua periode 2021-2026. Harapan kepada bupati anyar Gunungkidul sangatlah besar untuk membuka lapangan pekerjaan di Bumi Handayani. Sehingga kedepan tidak ada lagi warga yang merantau ke kota-kota besar.

Edi mengatakan, menjadi perantau bukanlah hal yang mudah. Tanpa skill dan jaringan, perantau akan kesulitan untuk beradaptasi dan mencari uang guna mencukupi kebutuhan hidup. Untuk itu, dirinya berharap kepada Bupati Gunungkidul, Sunaryanta untuk mampu memaksimalkan potensi yang ada di Bumi Handayani.

“Gunungkidul adalah 46 persen dari wilayah di DIY. Jika potensi yang ada baik pariwisata dan industri dikembangkan, maka tidak perlu lagi warga Gunungkidul merantau seperti kami 50 tahun yang lalu,” ujar Edi usai pengukuhan pengurus IKG di komplek Anjungan DIY, TMII, Minggu (21/03/2021) siang kemarin.

Ia menambahkan, untuk menjaga warga tetap tinggal di Gunungkidul tentu dibutuhkan lapangan pekerjaan yang banyak. Harapan ini, ia sampikan secara langsung dihadapan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

“Perlu diketahui bahwa menjadi perantau itu berat. Maka harapan kami bupati yang masih muda ini mampu membawa Gunungkidul berlari lebih cepat untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” kata dia.

Lebih lanjut Ketua Umum IKG terpilih itu dihadapan Bupati, menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya sebagai Bupati Gunungkidul dan mengucapkan terima kasih atas perhatiannya sehingga menyempatkan hadir pada acara tersebut.

“Saya bersama keluarga besar IKG sangat bangga Bapak Bupati bedol desa membawa rombongan jajaran Pemerintah Daerah, sepanjang sejarah baru kali ini Bupati hadir secara bersama-sama, salut untuk Bupati dan jajaran”, tegas Edi.

Dilaporkan pula bahwa 18 korcam sudah dilantik, saat ini IKG sudah memasuki masa tinggal landas, sekuat tenaga dan pikiran IKG akan terus mengembangkan diri baik dari unsur pendidikan sosial dan bidang lainya, tidak kalah penting IKG akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun dan memajukan Gunungkidul.

“Sebentar IKG akan mengadakan kegiatan wisata ke Gunungkidul, akan memperkenalkan pojok-pojok wisata yang ada di sana, kami bangga dan akan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Gunungkidul, kami akan terus bersinergi membangun Guningkidul”, pungkasnya.

Jadi Pembina, Sunaryanta Minta IKG Tidak Berpolitik

Sunaryanta yang juga merupakan Pembina IKG berharap IKG tidak melakukan kegiatan politik. Sebab menurutnya, hal itu akan memicu terjadinya perpecahan. Sehingga fokus mereka dalam kegiatan sosial kemasyarakatan akan menjadi terpecah.

“Saya yang akan teriak paling keras ketika IKG berpolitik. IKG harus fokus bagaimana bergerak dalam bidang sosial dan ikut berperan dalam pengembangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di tanah kelahiran mereka,” tandas Sunaryanta.

Sunaryanta mengungkapkan IKG merupakan organisasi sosial yang selama ini mengemban amanat leluhur dengan membangun dan melestarikan ikatan kekeluargaan dan persaudaraan sesama warga asal Kabupaten Gunungkidul yang tinggal di perantauan.

Organisasi ini, aktualisasi dari cirikhas dan karakter warga Gunungkidul yang sangat kuat dalam ikatan kekeluargaan, kebersamaan dan semangat gotong-royongnya.

“Saya sangat bangga dengan kerukunan warga Gunungkidul di tanah rantau ini. Meski tinggal jauh dari tanah kelahiran, tapi masih memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk warga Gunungkidul dan turut berkontribusi dalam membangun daerah yang maju,”ujarnya.

Sunaryanta juga berharap, IKG turut meningkatkan dan mendorong investasi di Gunungkidul, terutama sektor pariwisata maupun sektor pertanian dalam arti luas. Investasi menjadi faktor penting, karena akan berpengaruh positif dalam memulihkan kondisi pariwisata Gunungkidul yang sempat menurun, karena terdampak Covid-19.

“Kita semua harus sepakat memiliki komitmen dalam membangun Gunungkidul. Berkaitan dengan investasi, sektor ini akan menggerakkan dinamika industri dan produktivitas berbasis potensi lokal, serta mendorong agar pariwisata Gunungkidul semakin unggul dan bahkan mampu mendunia,” sambungnya.

Pemerintah di era kepemimpinannya mulai berbenah dan bersiap mendukung kemitraan yang akan terus dibangun melalui iklim investasi yang semakin kondusif bersama Ikatan Keluarga Gunungkidul.

“Saya yakin potensi SDA dan SDM, kekayaan budaya dan tradisi di Gunungkidul sangat besar, untuk menjadi modal dalam membangun pariwisata yang unggul. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada pengurus terlantik, mari bersama membangun Gunungkidul yang lebih maju,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler