fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Camilan Yang Terbuat Dari Kentang

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diolah. Mulai dari camilan hingga makanan berat, bisa dibuat dari bahan makanan bernama ilmiah Solanum tuberosum L ini. Olahan dari kentang sendiri kini sudah populer di masyarakat, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, setidaknya ada sepuluh olahan dari kentang yang tergolong populer. Yuk, temukan olahan kentang favorit!

Perkedel

Semua orang pasti mengenal olahan kentang satu ini. Olahan ini dibuat dari kentang yang telah direbus dan dilumatkan, lalu dicampur dengan daun bawang, seledri, dan sejumlah bumbu penyedap. Setelah itu, dibentuk bulat gepeng, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam, dan barulah digoreng hingga kecoklatan.

Keripik Kentang

Kalau Anda ingin camilan berbahan dasar kentang, maka keripik kentang adalah pilihan yang tepat. Pada olahan ini, kentang diolah dengan cara dipotong tipis lalu digoreng atau dipanggang hingga kering. Agar makin bercita rasa, kentang tipis yang digoreng itu pun bakal diberi taburan bumbu yang lezat. Olahan kentang ini konon ditemukan oleh George Crum pada 24 Agustus 1853. Di Indonesia, keripik kentang bisa Anda temui di mana pun, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Di supermarket, keripik kentang bisa Anda jumpai dalam berbagai kemasan dan rasa.

Berita Lainnya  Lima Tanda Organ Liver Bermasalah

Donat Kentang

Sesuai namanya, ini adalah olahan kentang yang berupa kue donat. Kentang yang dipakai pada donat satu ini adalah kentang tumbuk atau tepung kentang. Donat kentang sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1900-an, dan resepnya mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia pada 1938. Donat kentang memiliki tekstur yang cenderung ringan dibanding donat pada lazimnya. Cita rasanya sendiri tak terlalu berbeda dibanding donat kebanyakan. Kalau Anda kebetulan sedang di Bandung, Anda bisa menemukan donat kentang di Donat Kentang Dy&dy yang berada di Jalan Prof eyckman No 36 (Foodcourt Indomaert eyckman), Paster, Kecamatan Sukajadi, Bandung.

Kentang Goreng

Ini merupakan olahan kentang yang bisa Anda temui di sejumlah tempat makan. Mulai dari restoran fried chicken hingga kafe, olahan kentang ini pasti selalu ada. Kentang goreng sendiri lazimnya disediakan sebagai pendamping makanan lainnya, seperti: fried chicken; burger; serta fish and chips. Adapun cara membuat olahan ini adalah dengan memotong kentang terlebih dahulu secara memanjang. Sesudah itu, kentang di goreng secara terendam di dalam minyak goreng panas. Kentang goreng kemudian disajikan dan bisa disantap baik itu secara langsung; dengan menggunakan saus; atau bersama makanan lainnya.

Berita Lainnya  Lima Fakta Tentang Cincin Pernikahan

Potato Wedges

Kalau dilihat dari tampilannya, olahan ini pasti bakal dianggap sama dengan kentang goreng (French fries). Walau begitu, kedua olahan berbasis kentang itu ternyata berbeda satu sama lain. Perbedaannya sendiri letaknya ada pada bentuk Potato Wedges. Potato Wedges memiliki bentuk yang lebih lebar dan tekstur lebih padat dibanding kentang goreng. Cara mengolahnya pun lebih variatif dibanding kentang goreng. Bila kentang goreng hanya bisa digoreng saja, maka Potato Wedges bisa diolah dengan cara digoreng atau dipanggang.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler