fbpx
Connect with us

Uncategorized

Luncurkan PEDE, BPD DIY Siapkan Modal Tanpa Jaminan untuk Kelompok Usaha Produktif

Diterbitkan

pada

BDG

Semanu,(pidjar.com)–Bank Pembangunan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (25/08/2020) meluncurkan Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) bagi kelompok usaha produktif. Kelompok usaha produktif ini nantinya akan mendapatkan modal usaha tanpa jaminan.

Direktur Utama BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan, kredit ini berjenis mikro yang diperuntukan bagi perseorangan maupun tergabung dalam kelompok usaha. Kredit sendiri bisa didapatkan dengan plafon maksimal Rp 2,5 juta dalam jangka satu tahun.

“Agunan pokok yang digunakan adalah usaha yang dibiayai suku bunga 3 persen efektif per tahun,” ujar Santoso.

Adapun sektor yang masuk dalam layanan jenis ini antara lain pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, dan penyedia akomodasi baik makanan maupun minuman. Ia menargetkan, pada tahun pertama, ada 5 ribu debitur kredit jenis PEDE di DIY.

“Jadi masyarakat pra sejahtera bisa dimudahkan untuk mengembangkan usahanya, lewat program ini,” ujarnya.

Selain mendapatkan modal, para kreditur PEDE akan mendapatkan pendampingan dalam usaha. Harapannya masyarakat mampu menjadi pengusaha yang berkelanjutan.

Berita Lainnya  Pabrik Oven Kayu Terbakar, Petugas Butuh Waktu 2 Jam Untuk Padamkan Api

“Misalnya usaha yang bergerak di sektor makanan, akan kami bantu dari riset produk, pengemasan, perizinan, pemasaran hingga transaksi non tunai, harapannya komprehensif dan berkelanjutan,” papar Santoso.

Menurutnya PEDE ini merupakan terobosan BPD DIY untuk menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat di tengah pandemi. Adapun anggaran yang disediakan pada program ini sekitar 20 Miliar.

“Kami mempersilahkan masyarakat secara luas untuk mengakses ekonomi ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan peluncuran, Bupati Gunungkidul, Badingah berharap, program Kredit PEDE BPD DIY ini memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Pihaknya berharap usaha di Gunungkidul makin menggeliat.

“Sebagai pemerintah kami akan membantu proses perizinan usaha menjadi cepat dan mudah. Tentu tetap berdasarkan pada prosedur dan aturan yang berlaku,” tutup Badingah.

 

Berita Lainnya  Resep Roti Goreng Sosis

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler