fbpx
Connect with us

Uncategorized

Banyak Laporan, Bupati Anyar Blusukan Tinjau Jalan Rusak di Sejumlah Titik

Published

on

Rongkop,(pidjar.com)–Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam beberapa hari terakhir turun langsung ke lapangan meninjau sejumlah jalan rusak di Kabupaten Gunungkidul. Dari beberapa lokasi yang ditinjau, diketahui mengalami kerusakan cukup parah. Untuk itu, dirinya mengintruksikan kepada OPD terkait agar segera dilakukan perbaikan.

Sunaryanta mengatakan, kunjung kali ini menindaklanjuti apa yang dikeluhan oleh masyarakat baik dimasa kampanye maupun laporan yang disampaikan usai dirinya dilantik. Dengan demikian, ia mengetahui secara langsung kondisi di lapangan.

“Banyak laporan masuk yang saya terima, kemudian kunjungan saya ini untuk memantau secara langsung kondisi di lapangan seperti apa,” terang Sunaryanta saat melakukan kunjungan di Kalurahan Petir, Kapanewon Rongkop, Senin (08/04/2020).

Dari laporan yang ia terima di lapangan, jalan di Kalurahan Rongkop yang merupakan jalan kabupaten itu telah rusak selama beberapa tahun terakhir. Bahkan telah di laporkan kepada pemerintah sejak tahun 2017 lalu.

“Jalan penghubung Kalurahan Petir dan Kalurahan Pringombo ini sudah lama rusak, panjangnya sekitar 900 meter. Sudah pernah dilaporkan belum ditindaklanjuti,” terang dia.

Dengan adanya laporan ini, dirinya akan melakukan komunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk menindaklanjuti kerusakan jalan tersebut. Tentunya, pengerjaan akan disesuaikan dengan kekuatan anggaran daerah.

“Nanti bisa dari kabupaten, atau dana kebencanaan jika itu (kerusakan jalan) karena bencana alam atau juga bisa menggunakan dana desa,” terang dia.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mencatat ada ratusan kilometer jalan kabupaten dalam kondisi rusak ringan hingga sedang. Keterbatasan anggaran menjadi kendala penanganan jalan rusak di Bumi Handayani ini. Kendati demikian, pemerintah berkomitmen melakukan perbaikan maupun pembangunan jalan secara bertahap.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Setyo Koordijanto mengatakan, Gunungkidul memliliki 1.100 kilometer jalan bertatus jalan kabupaten. Dari total panjang jalan kabupaten tersebut, masih banyak yang masuk dalam kategori rusak. Baik dalam kondisi rusak ringan, sedang sampai dengan rusak berat.

“Kondisi jalan yang berstatus jalan Kabupaten di Gunungkidul masih sangat beragam. Pemerintah sendiri memiliki komitmen untuk melakukan perbaikan secara bertahap,” kata Setyo Koordijanto.

Adapun data yang dimiliki berdasarkan update terakhir 207,56 km jalan dalam kondisi baik. Kemudian jalan kondisi  sedang ada 481,631 km, jalan kondisi rusak ringan sepanjang 146,969 km, dan rusak berat sepanjang 299,5 km.

Kerusakan tersebut terjadi atas beberapa faktor, diantaranya kerusakan perkerasan jalan lama atau bisa jadi karena belum pernah tersentuh penanganan aspal. Hal itu dikarenakan banyaknya peninglatan status jalan dari desa menjadi milik Kabupaten sehingga belum semuannya tersentuh pengaspalan.

“Diupayakan untuk pengaspalan meski sangat tidak mungkin semua jalan bisa tersentuh. Tapi kami upayakan pembangunan secara bertahap,” paparnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler