fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Beri Kenyamanan Wisatawan, Pemerintah Akan Tertibkan Papan Petunjuk Arah ke Goa Pindul Liar Yang Menyesatkan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari, (pidjar.com)–Permasalahan penunjuk arah menuju obyek wisata Goa Pindul, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo belum juga terselesaikan. Banyak penunjuk arah ke obyek wisata Goa Pindul tidak sesuai dapat dilihat mulai dari Kecamatan Patuk.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sendiri sudah lama memasang papan penunjuk resmi ke arah Gua Pindul yang berada di dekat Taman Hutan Rakyat (Tahura), Kecamatan Playen. Menurut rambu penunjuk tersebut jarak dari Tahura ke Gua Pindul sekitar 14,5 kilometer.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, ia sudah melakukan inspeksi mendadak terkait dengan rambu-rambu penunjuk menyesatkan tersebut sejak sekitar tahun 2014. Immawan mengakui bahwa hingga saat ini, papan-papan penunjuk arah tersebut masih banyak terpasang. Disampaikan Immawan, papan yang tidak resmi tersebut seringkali justru menyesatkan para pengunjung. Menurutnya, itu menjadi pekerjaan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gunungkidul untuk melakukan penertiban terhadap rambu penunjuk yang arahnya tidak sesuai.

Berita Lainnya  Hasil Uji Lab Keluar, Dinkes Sebut Ada Bakteri dan Jamur yang Sebabkan Warga Jerukwudel Keracunan

“Sidak perlu dilakukan sebab masyarakat dari luar yang datang ke Kabupaten Gunungkidul merasa tidak nyaman. Walaupun sudah ditertibkan namun rambu-rambu tersebut selalu muncul,” kata Immawan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, selama ini banyak masyarakat yang mengkritik agar papan penunjuk yang tidak resmi itu segera ditertibkan. Immawan sendiri memaparkan bahwa pemerintah siap untuk mengakomodir pendapat masyarakat demi nama baik Gunungkidul. Ia tidak menginginkan nama baik Kabupaten Gunungkidul rusak baik di dalam maupun di luar daerahnya sendiri.

“Salah satu caranya dengan menghormati tamu yang datang ke sini,” imbuhnya.

Senada dengan wakil bupati, Ketua DPRD Gunungkidul, Demas Kursiswanto, mengungkapkan menjelang hari raya lebaran terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke Gua Pindul diberi arah petunjuk yang benar.

Berita Lainnya  Pantau Kesiapan Proses UNBK SMA, Bupati Datangi 2 Sekolah

“Jangan sampai rambu yang diikuti bukan yang resmi dan jadinya malah menyesatkan wisatawan,” ucap Demas.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Harry Sukmono, menjelaskan jajarannya sudah melakukan koordinasi terkait rambu yang tidak sesuai dengan Satpol PP. Ia beberkan, sudah ada komitmen dari Satpol PP untuk melakukan penertiban.

“Sudah koordinasi dengan mereka,” katanya.

Lebih lanjut ia menyatakan, bagi wisatawan yang datang dari arah Jogja akan menemukan penunjuk arah ke Goa Pindul yaitu di dekat Tahura. Selain itu, bagi wisatawan yang ke Goa Pindul melewati Kecamatan Semin juga sudah ada rambu penunjuk resmi. (Ulfah Nurul Azizah)

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler