fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gelombang Tinggi Mulai Melandai, Sejumlah Nelayan Kembali Melaut

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Pasca gelombang tinggi yang terjadi kemarin, sejumlah nelayan di pesisir selatan yang sempat libur beraktifitas mulai kembali melaut. Meski demikian, sebagian juga masih belum beraktivitas karena gelombang masih agak tinggi.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron, Marjono mengatakan Rabu (13/03/2024) kemarin gelombang tinggi di pesisir selatan mencapai 10 feet atau sekitar 4 meter. Akibat dari kondisi ini, para nelayan di seluruh pesisir selatan memilih untuk tidak melaut. Gelombang yang sampai ke bibir pantai ini membuat sejumlah kapal nelayan mengalami kerusakan karena saling berbenturan.

“Ada 6 kapal nelayan pantai Ngrenehan yang mengalami kerusakan ringan di bagian sayap dan lambung kapal,” kata Marjono, Kamis (14/03/2024).

Berita Lainnya  Sopir Diduga Ngantuk, Avanza Terbalik di Jalur Wisata Pantai

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk dampak hanya pada beberapa kapal tersebut. Sedangkan untuk gazebo ataupun warung-warung milik warga yang berada di pinggir pantai tergolong aman.

“Untuk bangunan secara keseluruhan aman,” imbuh dia.

Adapun untuk sekarang ini gelombang sudah tergolong landai. Para nelayan yang sempat meliburkan diri sebagian besar sudah mulai kembali beraktivitas. Dari SAR sendiri tetap menghimbau agar lebih berhati-hati saat memutuskan melaut.

“Nelayan di pantai Baron sebagian sudah melaut. Mereka justru lebih paham mengenai kondisi gelombang, kapan sudah bisa melaut dan kapan harus tidak melaut,” jelasnya.

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) Yogyakarta (YIA) menginformasikan potensi gelombang tinggi di perairan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Rabu (13/3/2024) ini. Masyarakat yang beraktivitas di perairan selatan diminta waspada.

Berita Lainnya  Densus 88 Sempat Temukan Bom Siap Ledak, Lima Gereja Dapat Pengamanan Khusus Selama Natal

Ketinggian gelombang laut di selatan DIY diperkirakan antara 2,5 meter hingga 4 meter. Gelombang laut bisa mencapai empat meter atau kategori tinggi. Waspadai gelombang laut tinggi di perairan Yogyakarta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler