fbpx
Connect with us

Peristiwa

Belasan Kasus Selesai Ditangani, Kejari Gunungkidul Musnahkan Ribuan Barang Bukti Kejahatan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Kejaksaan Negeri Gunungkidul melakukan pemusanahan terhadap ribuan barang bukti dari 14 kasus yang ditangani dan memiliki kekuatan hukum, Rabu (25/11/2020) pagi. Adapun barang tersebut terdiri dari ribuan obat-obatan terlarang, minuman keras dan sarana tindak pidana lainya.

Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Koswara mengatakan, pemusnahan barang bukti merupakan bentuk tanggung jawab jaksa penuntut umum dalam penanganan perkara setelah melaksanakan eksekusi secara tuntas. Kemudian juga untuk mengantisipasi agar barang bukti tidak disalahgunakan.

“Ada 14 perkara yang telah selesai penanganan baik dari kepolisian maupun Kejaksaan dan telah diputuskan oleh pihak pengadilan,” Koswara, Rabu siang.

Adapun barang bukti yang mencolok yakni kasus peredaran, psikotropika dan jenis miras di wilayah Gunungkidul. Selama ini, kepolisian terus melakukan operasi dan berupaya menumpas peredaran obat dan barang terlarang itu. Adapun Narkotika lebih dari 5,3 gram tembakau sintetis (gorila), serbuk shabu-shabu, dan alat hisapnya juga dimusnahkan petugas.

Perkara Psikotropika dan UU Kesehatan petugas memusnahkan hampir 4.000 butir pil berbagai merek dan jenis beserta dengan sejumlah benda-benda lainnya. Beberapa barang bukti perkara pertambangan dan mineral, serta pencurian dimana ada senjata api (pistol) yang turut diamankan dan dimusnahkan.

Berita Lainnya  Seorang Pemuda Tewas Usai Tabrak Truk Tronton

“Untuk kasus pembunuhan di awal tahun juga telah selesai barang bukti berupa senjata tajam dan pakaian. Kemudian ada juga kasus aborsi yang sempat menggegerkan masyarakat beberapa bulan dan perkara praktek kedokeran tidak berizin,” ujarnya.

Adpaun barang bukti tersebut masing-asing dimusnahkan dengan dikabar maupun digilas dengan alat berat. Perkara penganiayaan, pencegahan dan perusakan hutan serta konservasi sunber daya alam hayati dan ekosistem juga digilas oleh petugas.

“Ada barangbukti berupa 2,5 kg sisik trenggiling. juga ada perkara miras sekitar 267 miras berbagai merek turut digilas alat berat,” imbuhnya.

Banyaknya kasus yang ditangani dan telah selesai tersebut ia berharap agar setiap lini menjaga ketertiban dan keamanan daerah. Berperan ikut mengantisipasi terjadinya tidak pidana yang meresahkan dan merugikan Gunungkidul.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler