fbpx
Connect with us

Info Ringan

Kepanewon Seyegan dan YAKKUM Sinergi dalam Pendampingan Orang dengan Disabilitas Psikososial

Diterbitkan

pada

BDG

Sleman,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Merujuk permasalahan kesehatan mental, Kepanewon Seyegan bersinergi dengan Pusat Rehabilitasi Yakkum bersinergi dalam penanganan masalah kesehatan jiwa. Mereka menggelar Kordinasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) pada Rabu (20/3/24) di Kantor Kepanewon Seyegan.

Panewu Seyegan, Samino menuturkan bahwa masalah kesehatan jiwa membutuhkan support dari semua lintas sektor. Hal itu disebabkan oleh semakin komplek masalah mulai personal, lingkungan ,dan masyarakat.

” Peran pamong dan organisasi masyarakat tentu dibutuhkan dalam internalisasi dan sosialisasi.  Harapannya  bisa segera tertangani dari edukasi masyarakat. Melihat potensi yang ada, kami memetakan orang dengan disabilitas psikososial (ODPP) untuk diberikan treatment. Jadi ada tahap awal ada pemetaan,”tutur Samino.

Berita Lainnya  Lima Gaun Pengantin Yang Menjadi Tren 2019

Ia menambahkan, masyarakat masih mengaitkan sebutan gangguan kejiwaan pada persepsi yang keliru, bahwa gangguan jiwa itu sering diidentikkan dengan gila.

“Jadi yang dimaksudkan di sini lebih kepada orang-orang yang kehidupan awalnya itu normal, tapi karena suatu kejadian tertentu bisa menjadi sakit secara mental, seperti tekanan batin, kemudian bisa depresi, dan sebagainya. Di situlah orang orang yang sebenarnya masuk kategori ODPP,”ungkapnya kembali.

Project manager CEPLERY dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Siswaningtyas Nugraheni mengatakan Yogya masih banyak masyarakat yang melakukan tindakan pasung kepada anggota keluarganya yang menderita gangguan jiwa. Ia berharap adanya peningkatan dalam pendampingan keluarga, serta kesadaran penerimaan masyarakat kepada OGDJ.

“Hal itu dikaitkan dengan pengobatan tidak hanya berhenti pada sisi pengobatan medis, tetapi juga intervensi di sektor sosial. Kasus pemasungan pun juga masih terjadi. Jadi meskipun ada pemasungan yang sudah balik ada rujukan ke rumah sakit tapi akhirnya juga kembali dipasung di rumah,”ucap Tyas.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Skincare dengan Kandungan Lendir Siput

Seyegan memiliki kasus kesehatan mental yang cukup tinggi, ada 238 kasus dari lima kalurahan. Isu kemiskinan yang selalu memiliki korelasi dengan kesehatan mental masyarakat menjadi salah satu faktor penyebab. Semua kelurahan diharapkan bisa mengakomodir layanan kesehatan jiwa masyarakat dan rehabilitasi sosial.

“Tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat punya peran masing-masing instansi itu berdasarkan tupoksi. Kami tidak hanya menunggu dari pelaporan  saja, tapi sudah jemput bola,”tandasnya.
Kepala Jawatan Sosial Kepanewon Seyegan, Subagyo Rahayu juga menuturkan pihaknya sudah melakukan semacam tindakan preventif.

“Kami bersinergi dengan YAKKUM di tahun kedua. Kami melakukan pendampingan di 2 kelurahan di Margomulyo dan Margoluwih yang dijadikan sample teman-teman dari YAKKUM dalam pendampingan terkait dengan penanganan ODPP,” ucap Subagyo.

Berita Lainnya  Tujuh Bahaya Radikal Bebas Pada Kulit

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler