fbpx
Connect with us

Sosial

Malam Perayaan Tahun Baru, Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Akan Diberlakukan di Pusat Kota Wonosari

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Kawasan Kota Wonosari khususnya Titik Nol Kilometer Alun-Alun Wonosari mendapatkan perhatian utama jajaran Satlantas Polres Gunungkidul saat perayaan malam tahun baru 2023. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan pada malam pergantian tahun nanti kawasan ini menjadi pusat kegiatan masyarakat. Suasana akan semakin semarak lantaran pemerintah rencananya akan menggelar acara hiburan dan pesta kembang api di lokasi tersebut.

Kasi Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suranto memaparkan, pihaknya telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas dan penutupan jalan pada malam pergantian tahun. Rencananya, arus lalu lintas ke kawasan Kota Wonosari akan ditutup pada malam hari nanti, tepatnya mulai pukul 18.30 WIB. Hanya kendaraan yang bermaksud untuk masuk dan parkir yang diperbolehkan masuk, bukan untuk berlalu lintas seperti biasa.

“Motor dan mobil bisa masuk, tapi ya itu untuk parkir bukan melintas. Kita akan mulai berlakukan setelah Maghrib rekayasa lalu lintas di sekitar kota,” ujar Iptu Suranto, Sabtu (31/12/2023) saat dikonfirmasi.

Berita Lainnya  Trend Penderita Kusta di Gunungkidul Terus Menurun, Kecamatan Ngawen Paling Diperhatikan

Adapun rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan pada malam tahun baru 2024 diantaranya, dari simpang tiga Pendowo pengguna jalan diarahkan ke kiri – simpang tiga Taman Kuliner lurus – simpang empat Jeruksari lurus – bundaran Kodim lurus – simpang tiga Branang lurus – simpang empat Selang ke kanan – simpang empat Wukirsari ke kiri – jalur utama Semanu Bedoyo Pacitan.

Kemudian simpang tiga Kranon ke kanan – simpang empat Puskesmas lurus – simpang tiga terminal lama (Besole) ke kanan – jalan urama Semanu. Bundaran Siyono ke kanan – simpang empat Tegalsari lurus – simpang empat Wukirsari belok ke kanan – jalan utama Semanu. Bunderan siyono ke kiri – simpang empat Budegan lurus – simpang empat Selang ke kiri – simapng empat Karangmojo ke kiri Sukoharjo-Klaten.

Berita Lainnya  Ditetapkan Sebagai Kawasan Bebas PKL, Sat Pol PP Sisir Pedagang di Jalan Perintis

“Kita menghimbau kepada pengguna jalan untuk menghindari jalur di pusat kota jika tidak ingin terjebak macet,” lanjut dia.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga telah mempersiapkan kantong-kantong parkir di Jalan Brigjend Katamso, Bundaran BRI dan Jalan Agus Salim yang bisa digunakan masyarakat bagi yang hendak menikmati hiburan di alun-alun Wonosari.

Selain kawasan kota, beberapa titik juga diperkirakan terjadi peningkatan arus sehingga rawan terjadi kemacetan. Salah satu titik yang diperkirakan akan padat oleh warga masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun adalah di jalur seputaran Hargodumilah, Kecamatan Patuk yang hendak menikmati malam pergantian tahun di sekitar Bukit Bintang ataupun di sekitar HeHa Sky View, De Mangol dan lainnya yang menyelenggarakan pesta kembang api.

Berita Lainnya  Monyet Ekor Panjang Terus Menyerang, Masyarakat Diajak Hidup Berdampingan

“Untuk di simpang empat Patuk atau GCD untuk saat ini belum kami terapkan rekayasa lalu lintas. Tapi nanti ketika terjadi kepadatan arus maka kendaraan dari arah Jogja yang hendak ke arah HeHa Sky View diarahkan lurus dan berbelok di Jembatan Kali Pentung,” sambung Kapospam Hargodumilah Patuk, Iptu Paryadi.

Saat ini, untuk arus lalu lintas di jalan Jogja Wonosari terpantau ramai lancar. Dimungkinkan nanti setelah Maghrib peningkatan lalu lintas akan kembali terjadi. Pihaknya bersama dengan sejumlah relawan terus bersiaga untuk pengamanan lalu lintas.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler