fbpx
Connect with us

Sosial

Melongok Rintisan Kampung Agrowisata Anggur di Rongkop Yang Asri

Published

on

Rongkop,(pidjar.com)–Warga di Paduluhan Ngasem Kidul, Kalurahan Bohol, Kapanewon Rongkop sekarang ini sedang mencoba peruntungan di tengah pandemi dengan merintis kampung agrowisata anggur. Saat ini, tanaman anggur milik warga telah mulai berbuah.

Salah seorang warga setempat, Suryanto mengungkapkan dalam pengembangan agrowisata anggur tersebut warga atau petani hanya sekedar menggunakan lahan yang ada. Di mana memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan kosong untuk ditanami bibit anggur. Berdasarkan pengecekan yang dilakukan sebelumnya, buah anggur memang sangat cocok ditanam di kawasan tersebut.

Warga bersama dengan karangtaruna kemudian memanfaatkan peluang yang ada untuk merintis agrowisata anggur. Mulau dari penanaman hingga perawatan terbilang tidaklah rumit. Hanya saja memang membutuhkan ketelitian yang lebih.

“Mulai dari penanaman sampai dengan sekarang sudah 9 bulan lamanya. Untuk sekarang tanamannya tumbuh subur dan mulai berbuah,” kata Suryanto, Rabu (24/11/2021).

Adapun dalam mengembangkan buah anggur, para warga ini menanam sekitar 400 pohon. Untuk penanamannya juga diberi jarak sekitar 4 sampai 5 meter. Meski sudah ada sebagian yabg berbuah, untuk hasil yang maksimal akan nampak pada 1,5 tahun setelah penanaman.

Selain buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi, tanaman yang merambat ini juga bisa mempercantik lingkungan sekitar. Kampung agrowisata anggur ini rencananya akan menjadi pilot project pengembangan kampung wisata.

“Mungkin ke depan akan kita kembangkan tanaman lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi, misalnya strowberi dan diberikan edukasi juga,” imbuh dia.

Diharapkan dengan adanya terobosan ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain untuk bisa melihat peluang dan potensi yang ada. Sehingga nantinya bisa meraup untung dan sekaligus juga pemberdayaan. Konsep agrowisata ini sebenarnya bisa menjadi terobosan bagi daerah yang tidak memiliki potensi wisata.

Sementara itu, Petugas Bidang Perkebunan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Restu Dwi mengungkapkan, Kabupaten Gunungkidul ini sebenarnya memiliki potensi yang baik untuk buah anggur. Ada beragam jenis yang mulai dikembangkan oleh para warga di sejumlah daerah.

“Potensinya bagus untuk tanaman yang satu ini,” ujar Restu.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler