fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mulai Siang Ini, Pemerintah Buka Program Pra Kerja Gelombang ke-13

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Kamis (04/03/2021) pemerintah pusat akan kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-13 mulai pukul 12.00 WIB. Kuota pendaftar program pemerintah ini ditetapkan sebanyak 600 ribu pendaftar. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program Prakerja bisa langsung mendaftarkan diri secara mandiri dengan mengisi form yang ada di web prakerja.

Selain kembali melakukan penerimaan, hasil seleksi pendaftaran gelombang ke 12 juga sudah diumumkan oleh pemerintah. Kemudian bagi mereka yang telah mendapatkan SMS pemberitahuan bisa segera mengeceknya pada dashboard.

Pemerintah memperbarui mekanisme proses pemberian insentif bagi peserta. Untuk program tahun ini, dana pelatihan sebesar Rp 1 juta bagi yang lolos seleksi secara otomatis akan tercantum dalam dashboard profil masing-masing peserta.

Berita Lainnya  Melihat Potensi Komoditas Ketela Pohon, 1 Hektare Lahan Hasilkan Pendapatan Belasan Juta

Sebelum menggunakan saldo untuk membeli pelatihan, peserta diwajibkan menonton tiga video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit. Video induksi ini dimaksudkan membantu peserta dalam memanfaatkan kartu prakerja, cara membeli pelatihan dan lain-lain.

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Ahsan Jihadan mengatakan minat masyarakat Gunungkidul mengakses program pemerintah ini sudah lumayan. Dari gelombang pertama sampai gelombang 10 sudah ada 17.961 orang yang mendaftarkan diri.

“Untuk gelombang 11 dan 12 kami belum dapat laporan dari pemerintah pusat berapa peserta dari kabupaten Gunungkidul,” kata Ahsan Jihadan, Kamis (04/03/2021).

Adapun untuk pendaftaran program oni dilakukam secara mandiri oleh para pendaftar. Namun demikian jika ada kesulitan dengan jaringan internet maka bisa mendatangi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunungkidul.

Berita Lainnya  Temuan Kejanggalan-kejanggalan Proses Rekrutmen THL, Gerindra: Patut Diduga Ada Unsur Rekayasa dan KKN

“Akan kami layani menggunakan wifi di Dinas jika memang kesulitan mengakses internet,” paparnya.

Program Prakerja ini dimaksudkan untuk menambah skill peserta dengan mendapatkan pelatihan. Sehingga jika mencari pekerjaan mereka telah memiliki dasar dari bidangnya. Atau bagi yang ingin membuka usaha mandiri juga telah memiliki kemampuan yang didapat dari pelatihan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler