fbpx
Connect with us

Politik

Politisi Gaek Gunungkidul Banyak Lari ke Tingkat Provinsi, Bakal Caleg Daerah Diisi Wajah Baru

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Masa pendaftaran Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) ke Komisi Pemiluhan Umum (KPU) telah selesai. Sejumlah incumbent dari berbagai partai yang periode lalu mendapatkan kursi di DPRD Gunungkidul pada kontestasi politik 2024 mendatang banyak yang naik mendaftarkan diri ke provinsi. Sejumlah nama anak politisi kawakan hingga anak pejabat pun juga masuk dalam daftar BCAD.

Informasi yang berhasil dihimpun dari partai, ada beberapa anggota DPRD Gunungkidul yang kemudian mencari peruntungan di provinsi. Diantaranya adalah Dhemas Kursiswanto dari PDI Perjuangan, Suharno dan Muhammad Ishom dari Partai NasDem, Ari Siswanto dan Arif Wibawa dari PKS. Dan tentunya raja properti Gunungkidul Timbul Suryanto dari PKB juga mencoba peruntungan di tingkat provinsi.

Berita Lainnya  Minta NasDem Tak Sodorkan Calon Wakil Bupati, PKB Ancam Keluar Dari Koalisi Pengusung Sunaryanta

“Dari PKB ada satu petahana Gunungkidul yang naik ke provinsi yakni saudara Timbul Suryanto. Kami targetkan PKB dapil Gunungkidul mendapat 2 kursi lah, ada juga wajah baru yaitu Ali Ridlo mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul yang mencalonkan diri ke provinsi,” ucap Ketua DPC PKB Gunungkidul, Sutiyo.

Sejumlah tokoh muda hingga anak pejabat pun juga banyak yang mencalonkan diri ke tingkat provisi. Misalnya saja dari Partai Golkar ada anak anggota DPR RI hingga anak Wakil Bupati Gunungkidul yang mencalonkan diri sebagai BCAD di DIY.

Adalah Bayu Gilang Nugraha yang mencalonkan diri sebagai BCAD provinsi dari partai Golkar. Bayu merupakan anak Wakil Bupati Gunungkidul periode 2019-2024, Heri Susanto. Kemudian Syarif Guska Laksana yang merupakan anak Gandung Pardiman, anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Berita Lainnya  Umumkan Capres Maret, Partai Demokrat Akui Belum Jalin Komunikasi Dengan PDIP

Di tingkat Kabupaten, khususnya Gunungkidul wajah-wajah lama atau petahana masih mendominasi dan nampaknya  mendapatkan nomor urut prioritas di masing-masing partainnya, wajah-wajah baru dari berbagai kalangan pun juga menghiasi masing-masing dapil.

Mulai dari pengusaha muda,anak dan kerabat lurah di Kabupaten Gunungkidul. Bahkan ada lurah aktif yang kemudian menanggalkan jabatannya tersebut untuk nyaleg di 2024.

“Kalau dari Gerindra sendiri target provinsi dapat 2 kursi. Saya (Purwanto) salah satu yang maju ke provinsi. Sedangkan ditingkat Kabupaten kami targetkan 9 kursi, masing-masing dapil ada petahana yang kami pasang dan tentunya ada beberapa calon kuat lainnya. Di dapil 2 ada Mas Angga Sandy Farisma politisi muda yang memiliki peran aktif di kemasyarakatan,” ujar Ketua DPC Partai Gerindra Gunungkidul, Purwanto, ST.

Berita Lainnya  Kontroversi Pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga, Ini Kata Bupati Sunaryanta

Ada 645 BCAD yang telah didaftarkan ke KPU Gunungkidul. Partai politik mengetok target yang cukup tinggi dengan potensi yang dimiliki oleh BCAD masing-masing.

Sementara itu, Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugraha mengatakan, total ada 645 bakal calon anggota DPRD Gunungkidul yang didaftarkan ke KPU Gunungkidul terdiri atas 377 laki-laki dan 268 perempuan. Sebagian besar mengajukan 45 BCAD namun juga ada beberapa yang mengdaftarkan 3, 9, 16, 23, 30, dan 34 orang saja.

“Keterwakilan perempuan mencapai 42 persen dari total 645 BCAD yang didaftarkan,” papar Andang.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler