fbpx
Connect with us

Info Ringan

Prediksi Teknologi Masa Depan, Manusia Dapat Berkomunikasi Dengan Mesin?

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tak dipungkiri lagi, perkembangan teknologi semakin pesat. Bahkan lambat laun mesin seolah sudah menjadi sahabat manusia. Pasalnya sesuatu yang sebelumnya dianggap mustahil untuk diwujudkan, nyatanya dapat tercipta dan menjadi sesuatu yang diandalkan.

Para pakar terus melakukan riset dan memprediksi kecanggihan teknologi di masa yang akan datang. Ilmuan pun berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang terus berkembang.

Seperti prediksi dari Profesor Toby Walsh, ahli kecerdasan buatan (artificial intelligence) di Australia yang melihat perkembangan teknologi dalam jangka waktu 40 tahun kedepan. Dalam bukunya yang berjudul "It’s Alive!: Artificial Intelligence from the Logic Piano to Killer Robots" dia mengatakan tahun 2050 mesin komputer akan dibuat bisa berpikir seperti manusia. Hal ini tentu akan membuat manusia semakin bergantung dengan komputer yang diprediksi menjadi bosnya.

Selain itu, Dell Technologies dan Institute for the Future (IFTF) juga melakukan riset tentang bagaimana manusia dan mesin saling berkomunikasi dan bekerja sama di masa depan. Manusia akan diringankan tugasnya untuk berpikir karena tahun 2030 artificial intelligence yang akan berpikir berbasis data dan mengolahnya. IFTF juga memprediksi augmented reality bisa membuat manusia berinteraksi dengan data sehingga antara dunia maya dengan augmented reality tidak lagi dibatasi.

Tak perlu jauh-jauh hingga puluhan tahun kedepan, bahkan tahun 2018 ini manusia akan merasakan pertambahan kecanggihan teknologi dalam IOT atau Internet Of Thing. Akan ada beberapa langkah besar untuk membuat sebuah kehidupan yang terstruktur dan lebih cerdas. Salah teknologi IOT Indonesia yang sudah banyak dicicipi oleh masyarakat indonesia adalah August Smart Lock dimana manusia tidak perlu kunci lagi untuk membuka pintu.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler