fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Selain yang Tercecer DTKS, Warga Positif Covid dan PDP akan Dapat Bantuan Uang Tunai dari Pemkab Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah kabupaten masih mengupayakan penyaluran bantuan yang bersumber dari APBD Gunungkidul. Saat ini proses pengajuan dan inventarisir data terdampak covid dari segi medis dan keluarga kurang mampu non data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogo memaparkan, pada APBD Perubahan 2020 pemerintah kembali mengusulkan penyaluran bantuan bagi mereka yang belum mendapatkan bantuan dan terdampak covid-19. Adapun kreiteria bagi mereka yang mendapatkan bantuan dari pemkab Gunungkidul adalah keluarga kurang mampu yang tidak masuk dalam DTKS dan kriteria medis.

“Yang medis itu maksudnya mereka yang terkonfirmasi positif, PDP dirawat dan lainnya,” terang Hadi Hendro Prayogo.

Pada periode 1 (Mei dan Juni) pemerintah telah menyalurkan bantuan uang tunai sebesar 300 ribu x 2 bulan. Kemudian kemudian pada periode 2 (Juli, Agustus, September) bantuan yang diberikan pada kategori itu sebesar 200 ribu x 3 bulan.

“Periode pertama itu kita salurkan 3.371 medis dan 2.814 keluarga miskin non DTKS. Kemudian untuk periode 2 sebanyak 1.453 medis dan 1.912 keluarga miskin non DTKS,” imbuhnya.

Pihaknya telah mengusulkan ke bupati untuk periode Oktober, November, Desember segera dilakukan pencairan anggaran. Saat ini masih dalam tahapan pengajuan dan masih melakukan update data berkaitan dengan berapa orang yang masuk dalam kategori medis maupun masuk dalam rumah tangga non DTKS.

Berita Lainnya  Pelayanan Adninistrasi di Kapanewon Gedangsari Kini Tak Lagi Perlu Lampirkan Kartu Vaksin

“Besarannya 200 ribu rupiah. Kalau untuk datanya ini masih menunggu, tapi ada pengurangan karena ada yang masuk mendapatkan dari kemensos,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyalurkan 900 paket sembako bagi keluaga yang menjalankan isolasi mandiri. Ia berharap dengan bantuan yang diberikan itu dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat dalam kondisi seperti sekarang.

“Kita juga masih berusaha semaksimal mungkin untuk bantuan yang bersumber dari APBD ini. Kalau yang BST kemensos masih berjalan ini juga masih ada pencairan,”tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler