fbpx
Connect with us

Politik

Survei Elektabilitas Bakal Calon Kepala Daerah, Partai Golkar DIY Gandeng Voxpol

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Setelah membuka pendaftaran bakal calon (bacalon) kepala daerah di 4 kabupaten dan 1 kotamadya di DIY, Partai Golkar menggandeng lembaga survei nasional, Voxpol Center Research and Consulting untuk mengukur elektabilitas bacalon yang diusung.

Ketua DPD Golkar DIY, Gandung Pardiman mengatakan, digandengnya Voxpol Center Research and Consulting sebagai lembaga survei ini bertujuan sebagai basis data bacalon terkait modal elektoral yang dimiliki yang maju melalui Partai Golkar.

“Survei ini menjadi pertimbangan, yang pertama apakah calon ini lanjut atau tidak lanjut karena survei tentu saja ada materialnya. Kita akan tahu persis apakah calon itu punya elektabilitas, apakah calon itu punya popularitas, apakah calon akseptabilitas, ” kata Gandung usai acara penandatangan MoU kerja sama Golkar DIY dengan Voxpol di Kantor DPD Partai Golkar DIY, Rabu (1/5/2024).

Berita Lainnya  Buntut Tipisnya Hasil Pilur Bedoyo, Timses Calon Lurah Babak Belur Dianiaya

Gandung meyakini, semua calon mempunyai modal. Baik itu modal sosial, modal politik ataupun modal kapital maupun modal yang lain. Oleh karena itu, Partai Golkar menempatkan semua calon pada porsi yang sama dan tidak ada pengecualian, termasuk incumben menjadi yang utama.

“Ketua Golkar harus menjadi prioritas itu tidak, siapapun yang sudah masuk dalam catatan dan mendaftarkan diri lewat Partai Golkar untuk mendapatkan porsi dan tempat yang sama,” ujarnya.

Gandung menyebut, melalui lembaga survei ini diharapkan bisa mendapatvaliditas calon yang betul-betul memenuhi syarat. Sebab, ke depannya nanti bupati, walikota maupun gubernur mempunyai tanggung jawab yang besar karena harus membuat daerah menjadi lebih baik di semua sektor.

“Oleh karena itu, memerlukan calon-calon yang hebat. Hebat dalam arti intelektualnya, karismatiknya, religinya dan bisa mengantisipasi apa yang menjadi persoalan masyarakat ke depan. Ini penting sebagai calon pemimpin kepala daerah yang mendapatkan amanah langsung dari rakyat,” papar Gandung.

Berita Lainnya  Selain Terapkan Protokol Kesehatan, Pemilih Diminta Bawa Alat Tulis Sendiri

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah 2 DPP Partai Golkar, Ikbal Wibisono mengungkapkan, target yang dibebankan kepada DPD Partai Golkar DIY adalah memenangkan semua atau 100 persen pada pilkada di 5 kabupaten/kota DIY.

Menurutnya, kerja sama antara Golkar DIY dengan Voxpol dalam survei elektabilitas calon adalah peristiwa yang penting. Sebab, survei ini menjadi salah satu indikator penting untuk meraih kemenangan dalam pilkada November nanti.

“Voxpol ini adalah lembaga survei nasional yang punya kredibilitas tinggi dan tidak ecek-ecek, demikian pula dengan para bakal calon kepala daerah ini adalah orang-orang yang hebat dan harus optimis menang Pillada. Survei elektabilitas paslon kepala daerah akan dilakukan tiga kali, kerja sama dengan Voxpol ini adalah tahap awal untuk DIY, ” ungkapnya.

Berita Lainnya  KPU Gunungkidul Bantah Dugaan Penggelembungan Suara PSI

Sementara, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi menambahkan, kerja Voxpol dimulai setelah penandatanganan MoU dan akan berlangsung selama 17 hari. Nantinya hasil survei akan diserahkan kepada DPP Golkar.

Di samping itu, untuk menunjang kinerja yang kredibel, Voxpol telah menyiapkan sistem survei yang menjamin tidak ada ruang manipulasi dalam prosesnya sehingga mendapatkan hasil survei yang representatif.

“Kami tidak hanya melakukan survei saja, tapi juga akan melakukan pendampingan kepada paslon untuk memenangkan pilkada,” pungkasnya. (Ken).

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler