fbpx
Connect with us

Peristiwa

Tiga Warga Positif Corona, Belasan Kepala Keluarga di Dadapayu Jalani Isolasi Mandiri

Published

on

Semanu,(pidjar.com)–Tiga warga Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Selasa (13/05/2020) kemarin dinyatakan positif corona oleh petugas medis. Adapun tiga orang tersebut merupakan satu keluarga. Dari gugus tugas Kecamatan Semanu dan pemerintah desa Dadapayu langsung bergerak cepat, sejumlah pengecekan rapid test kemudian dilakukan kepada warga setempat yang sempat kontak erat dengan ketiga pasien positif covid 19 itu.

Sekretaris Desa Dadapayu, Prihantara mengungkapkan Minggu (10/05/2020) lalu, seorang perempuan berusia 29, anak usia 6 tahun dan seorang laki-laki berusia 56 tahun diantar ke RSUD Wonosari untuk menjalani menjalani swab tenggorokan karena hasil rapid test sebelumnya menunjukkan reaktif. Selanjutnya ketiganya sempat dikarantina di RSUD Saptosari sembari menunggu hasil swab itu.

Mereka adalah keluarga terdiri dari Ibu, anak dan Kakek. Hanya tinggalnya berbeda, tapi sempat ada kontak atau interaksi langsung,” kata Prihantara, Kamis (15/05/2020).

Selasa kemarin, hasilnya baru keluar ketiganya positif corona. Dari gugus tugas di wilayah kemudian mengambil tindakan dengan melakukan rapid test di lingkungan ketiganya mengungat tidak sedikit dari mereka yang sempat melakukan kontak langsung.

Berita Lainnya  Tergiur Keuntungan 12% Seminggu Investasi Oven Jamu, Ratusan Warga Tertipu Miliaran

Beberapa warga kemudian menjalani rapid test dan hasilnya non rekatif. Kendati demikian ada sedikitnya 16 Kepala Keluarga (KK) di sekitar tempat tinggal ketiganya yang sekarang ini melakukan isolasi mandiri sembari menunggu test lanjutan. Keperdulian masyarakat kepada keluarga positif dan yang melakukan isolasi mandiri pun luar biasa.

Bantuan permakanan dan perhatian lain terus diberikan. Dari pemerintah desa pun juga bergerak cepat, keluarga yang melakukan isolasi mandiri kemudian diberi stimulan kebutuhan permakanan selama melakukan isolasi mandiri.

Kepedulian masyarakat luar biasa. Mereka yang isolasi mandiri dibantu swadaya untuk pemenuhan makanan dan lain-lainnya,” tambahnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat selama pandemi ini meningkat tajam terlebih dengan adanya tiga warga yang positif tersebut. Dari masyarakat memiliki komitmen untuk saling membantu dan tidak mengecilkan hati masing-masing pasien atau keluarga lainnya.

Berita Lainnya  Banyak Kasus dan Tak Pernah Masuk Kerja, Anggota Polisi Dipecat

Bersyukur sekali gotong royongnya luar biasa. Ya sempat kaget satj keluarga ith positif tapi kemudian masyarakat sudah biasa, aktifitas ya biasa sih mereka dengan sendirinya membatasi aktifitas,” jelas dia.

Kepanikan dan kekhawatiran tidak terjadi di Padukuhan da Desa tersebut. Pasalnya sejak awal masyarakat sudah disiapkan mengenai penanganan dan upaya pencegahan. Mereka juga menyadari jika penderita yang terpapar virus ini bukan suatu hal yang menakutkan, tetapi mereka paham bagaimana cara pencegahannya.

Kepanikan tidak ada, sudah sejak awal diedukasi jadi mereka sudah paham,” tambahnya.

Sekedar informasi, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, tambahan 3 kasus di Gunungkidul ini merupakan klaster Indogrosir. Dari dinas kesehatan juga mulai melakukan tracking siapa saja yang sudah kontak langsung dengan pasien-pasien positif corona.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler