fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Wisma Wanagama Akan Digunakan Sebagai Shelter Terpadu Isolasi Pasien Covid19

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Pemerintah akan kembali memanfaatkan Wisma Wanagama sebagai tempat isolasi bagi warga Gunungkidul yang terpapar covid19. Kamis (08/07/2021) siang kemarin, Bupati Gunungkidul bersama dengan pimpinan lainnya melakukan pengecekan sarana prasarana di wisma yang berada di kawasan Hutan Wanagama, Kalurahan Banaran, Kapanewon Playen. Diharapkan, dalam waktu dekat ini, keberadaan lokasi isolasi ini bisa bisa segera dimanfaatkan di tengah lonjakan kasus yang terjadi di Gunungkidul.

Direktur Wisma Wanagama, Dwiko Budi Permadi mengatakan, pihak UGM memberikan kontribusi pemkab Gunungkidul jika akan memanfaatkan Wisma Wanagama sebagai tempat isolasi orang terkonfirmasi positif. Dengan tangan terbuka pihaknya memperbolehkan Pemkab Gunungkidul memanfaatkan bangunan yang ada.

“Wisma Wanagama dapat dimanfaatkan sebagai upaya kemanusiaan penanganan covid 19,” ucap Dwiko, Kamis (08/07/2021).

Di Wisma Wanagama ini memang agak jauh dari permukiman masyarakat. Lokasinya asri sehingga dapat memberikan terapi tersendiri bagi pasien terkonfirmasi yang menjalani isolasi mandiri. Dengan berada di lokasi alam yang asri dan masih kental dengan alam diharapkan proses penyembuhan para pasien positif covid19 menjadi lebih cepat. Pasien tidak stres dengan beragam hal yang terjadi.

Panewu Playen, Muhammad Setyawan menambahkan, Kamis siang kemarin sudah dilakukan pengecekan oleh bupati dan sejumlah pimpinan pemerintahan di Gunungkidul. Di Wisma Wanagama ini ada 8 kapel, di mana rencananya 7 kapel akan digunakan untuk pasien terkonfirmasi positif dan 1 kapel lagi untuk tenaga medis.

“Satu kapel itu ada bednya 4, tapi daya tampungnya bisa 8 orang. Jadi nanti jika sudah pasti digunakan Pemkab harus menambah bed serta peralatan medis yang dibutuhkan,” papar Setyawan saat dikonfirmasi pidjar.com.

Adapun kegiatan yang dilakukan jajaran Pemkab Gunungkidul sendiri masih sebatas pengecekan. Rapat koordinasi akan dilakukan pimpinan untuk mengambil keputusan penggunaan Wisma Wanagama sebagai tempat isolasi mandiri.

Pihaknya Kapanewon Playen melalui kalurahan dan relawan nantinya akan bergerak memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan harapan semua berjalan dengan baik dan pasien covid19 dapat tertangani maksimal.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul meminta dukungan terkait dengan rencana pemanfaatan Wisma Wanagama sebagai shelter terpadu covid19. Harapannya, pemanfaatan tersebut dapat berjalan lancar tidak ada halangan dan hambatan.

“Pemkab Gunungkidul akan segera membuat MOU kerjasama dengan pihak UGM,” ucap Bupati Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler