fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan JJLS Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomian Di Kawasan Pesisir

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Dibangunnya jalan jalur lingkar selatan (JJLS) diharapkan mampu berdampak positif terhadap perkembangan perekonomian masyarakat khususnya pada sektor perikanan. Pasalnya dengan dibukanya akses jalur yang luas dapat mempermudah mobilitas dalam hal pengangkutan. Terlebih di kawasan timur yang memiliki potensi luar biasa di bidang ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Krisna Berlian mengatakan, dengan dibangunnya JJLS tentu sangat berdampak positif. Terlebih di kawasan pelabuhan dan sekitarnya sehingga dalam pengangkutan hasil ikan tangkapan segar dapat lebih mudah dan efisien. Belum lagi masyarakat juga dibekali keterampilan untuk mengolah hasil produksi ikan dan lainnya.

“Tentu dengan dibangunnya JJLS itu ada harapan besar bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kapasitas,” kata Krisna Berlian, Sabtu (02/11/2019).

Menurut Krisna, dampak pembangunan JJLS sedikit banyak sudah  bisa dirasakan meski prosesnya saat ini masih terus berjalan. Saat jalan itu sudah terhubung dari Jawa Timur, DIY hingga Jawa Barat maka dampaknya akan terasa lebih besar.

Berita Lainnya  PDAM Tirta Handayani Akan Mulai Berlakukan Kenaikan Tarif

Sementara itu, Kepala Bidang Tangkap Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Purwono Sulistyohadi menambahkan, di Gunungkidul sendiri terdapat 1 pelabuhan yang cukup besar dengan hasil yang melimpah. Adapun pelabuhan yang dimaksud yakni pelabuhan di Sadeng, Kecamatan Girisubo. Potensi di Sadeng dapat terus dikembangkan seiring dibangunnya JJLS. Selain letak yang makin strategis dengan keberadan JJLS, pelabuhan ini memiliki lokasi yang representatif ketimbang pelabuhan lain di wilayah DIY.

“Untuk sadeng sendiri memang terbesar di Gunungkidul, diharapkan juga di DIY dengan segala potensi yang dimiliki,” ujar Sulistyo Hadi.

Selain satu pelabuhan besar yang hasil tangkapan ikannya banyak pula, ada 7 Tempat Pendaratan Ikan yang juga menunjang hasil tangkap ikan. Seperti misalnya di Drini, Ngrenehan, Baron, Gesing dan beberapa PPI lainnya. Berkaitan dengan tangkap ikan di Gunungkidul, ada puluhan ribu ton pertahunnya. Itupun tergantung dengan musim dan cuaca yang terjadi.

Berita Lainnya  Tahap Pertama Pemindahan Kantor Pemkab Gunungkidul ke Siraman, 3 Kantor OPD Dalam Proses Pembanguan

“Untuk di Sadeng memang besar karena ada banyak dengan kapasitas tertentu yang beroperasi,” tutup dia.

 

 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler