fbpx
Connect with us

Sosial

Gelar Seni dan Budaya HUT Gunungkidul, Hiburan Gratis Untuk Rakyat Digelar Hingga Sabtu Mendatang

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Semarak perayaan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke 188 terus bergaung. Sejumlah acara mulai digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk merayakan hari jadi kabupaten Handayani ini. Pada Selasa (18/06/2019) kemarin, Bupati Gunungkidul, Badingah membuka secara resmi Pameran Kerajinan Kuliner dan Pentas Panggung Kesenian di Alun-alun Pemda Gunungkidul. Rencananya pertunjukan yang menghadirkan berbagai macam kesenian ini akan digelar hingga Sabtu (22/06/2019) mendatang. Sebuah hiburan gratis tentunya bagi seluruh warga Gunungkidul.

Dalam sambutannya, Badingah mengapresiasi pertunjukan seni sebagai wujud dari eksistensi keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia berharap, pertunjukan berbagai macam kesenian dapat memperkuat perasaan cinta masyarakat kebada budaya sebagai identitas bangsa khususnya Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, pada kesempatan ini, panitia juga memadukan pentas kreasi tersebut dengan festival kuliner. Festival kuliner sendiri dihelat untuk mengenalkan olahan makanan khas Kabupaten Gunungkidul ke seluruh lapisan masyarakat.

“Kita juga akan mempromosikan Kuliner Bakmi Jawa khas Gunungkidul dan akan memecahkan Rekor Muri 5.500 porsi. Kepada seluruh masyarakat silahkan menikmati semua pertunjukan maupun hidangan yang disediakan,” ujar Badingah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Kamtono mengatakan, Gelar Seni Budaya yang menjadi salah satu rangkaian perayaan hari ulang tahun Kabupaten Gunungkidul yang ke 188 ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi pelaku seni budaya. Harapannya budaya barat yang saat ini mengancam remaja milenial Kabupaten Gunungkidul bisa ditangkal oleh budaya lokal. Sejauh ini menurut Agus, antusiasme para pegiat seni sangat tinggi. Terbukti pada gelaran ini, seluruh kecamatan di Kabupaten Gunungkidul mengirimkan penampilan potensi kesenian yang ada.

“Kami fasilitasi, kami tampilkan biar masyarakat sendiri yang nantinya menikmati,” kata dia.

Kegiatan pembukaan Gelar Seni Budaya pada Selasa kemarin sendiri ditutup dengan pementasan musik kolosal dengan judul Gunungkidul Jaya Dengan. Adapun sutradara dari pertunjukan ini ialah Agus Purwanto SPd. Pentas Sempulur Tumangkar Ngremboko Lestari dimainkan oleh pelaku seni Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah kurang lebih 150 orang yang berasal dari pelaku seni tari, seni musik, seni campursari, seni wayang orang, seni ketroprak dan seni musik tradisional.

Salah satu masyarakat yang turut menyaksikan pagelaran ini, Feriawan mengaku cukup takjub dengan suguhan pertunjukan di Alun-alun Pemda Gunungkidul. Selain pengisi acara yang mumpuni, ia menilai setting gelaran ini secara visual sangat menarik. Desain di setiap sudut lapangan menurutnya sangat istimewa.

“Sangat artistik dan menunjukan berapa besarnya keinginan untuk maju Kabupaten Gunungkidul saat ini,” paparnya.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler