fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Lebat Akibatkan Pohon Tumbang di Dua Kecamatan, Kerugian Capai Jutaan Rupiah

Diterbitkan

pada tanggal

Karangmojo,(pidjar.com)–Rentetan bencana alam terjadi di Kabupaten Gunungkidul Sabtu (09/05/2020) kemarin. Kecamatan Wonosari dan Kecamatan Karangmojo turut terdampak dalam peristiwa bencana alam ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul, Edy Basuki menjelaskan, Sabtu kemarin memang hujan lebat terjadi di wilayah Gunungkidul. Kejadian pertama sekitar pukul 13.30 WIB Sabtu kemarin. Pohon kayu putih di belakang Kantor Pos, Padukuhan Trimulyo II, Kepek Wonosari, sebuah pohon tumbang. Diketahui pohon roboh menimpa tiang listrik  jalan dan tiang telkom.

Listrik sempat padam, relawan kami kemudian datang untuk memotong pohon, tim PLN juga datang, kerugian sendiri jika ditaksir sekitar Rp. 2juta,” jelas Edy, Minggu (10/05/2020) pagi.

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Tak lama berselang, dua pohon tumbang juga menimpa tiang listrik di Padukuhan Gunungsari (04/07), Bejiharjo, Karangmojo. Kedua pohon jenis jati tersebut menimpa tiang listrik. Akibatnya DAK di delapan rumah warga juga rusak.

Berita Lainnya  Berkeliaran di Jalur Wisata Sriten, Seekor Ular Pyton Ditangkap Warga

Kondisi kabel juga sempat berserakan di tepi jalan, tapi tim dari PLN sudah mengkondisikan, relawan kami juga segera memotong pohon berrsama tim FPRB Bejiharjo kerugian menjapai dua jutaan,” paparnya.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, pohon tumbang menimpa satu rumah warga dan kandang sapi di Padukuhan Bayubening 1 (03/10), Bejiharjo Karangmojo. Akibatnya, rumah milik Sunardi (50) rusak cukup parah di bagian atap. Sedangkan kandang ternak milik Ija Susana (45) juga mengalami kerusakan dibagian atap.

Dua pohon jati tersebut memang tumbuh berdekatan di pekarangan Sunardi. Kandang Ija dengan rumah Sunardi memang berdekatan. Saat kejadian pohon roboh secara bersama. Sehingga dua pohon tersebut menimpa dua bangunan sekaligus.

Berita Lainnya  Hilang Kendali di Tikungan, Avanza Tabrak Pembatas Jalan dan Terbalik di Ladang Warga

Kerusakan ada pada reng, usuk dan genting, jika ditaksir kerugian menjapai empat juta rupiah,” ujarnya.

Edy mengimbau, masyarakat agar selalu waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim. Ia meminta masyarakat menebang pohon jika dirasa cukup membahayakan.

Kami imbau masyarakat waspada, jika ada pohon yang sudah cukup besar sebaiknya segera ditebang agar tidak membahayakan,” tandas Edy.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler