fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Investasi Masuk ke Gunungkidul Tahun Ini Telah Capai Ratusan Miliar

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Visi misi Bupati Gunungkidul Sunaryanta saat ini dititikberatkan kepada sektor investasi, pariwisata, dan ekonomi kemasyarakatan seperti pertanian, peternakan serta kelautan. Adapun pemerintah berupaya untuk peningkatan sektor-sektor ini. Komunikasi dengan jaringan investor terus dilakukan untuk menarik investasi masuk ke Gunungkidul. Data yang ada sekarang ini, nilai modal yang tertanam di Gunungkidul telah mencapai ratusan miliar rupiah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), Irawan Jatmiko. Pada tahun ini, sejak dari triwulan pertama, modal usaha yang ditanamkan terus mengalami peningkatan. Data yang ada di DPMPT Gunungkidul, nilai investasi yang masuk ke Gunungkidul sekarang ini telah mencapai 134 miliar rupiah. Investasi yang masuk sendiri berasal dari berbagai sektor.

“Untuk nilai pastinya adalah Rp 134.007.322.643,” ucap Irawan Jatmiko.

Selama ini, sektor yang menjadi primadona para pemilik modal untuk menanamkan uang mereka di Gunungkidul adalah sektor akomodasi pariwisata. Hal ini dikarenakan Gunungkidul memang memiliki tempat-tempat yang unik dan menyuguhkan pesona panorama yang luar biasa. Sehingga sangat cocok dikembangkan untuk konsep-konsep pengembangan dengan view menawan dengan view laut, view merapi, hingga alam bumi handayani.

“Ada pembangunan tempat rekreasi, cafe, hingga hotel dan resort untuk mayoritas investasi yang masuk,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah sendiri berupaya terus meningkatkan investasi di Gunungkidul. Perlahan namun pasti, hal inilah yang membuat nilai investasi terus merangkak naik.

“Memang meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ke depan pasti akan terus meningkat seiring dengan kemudahan perizian yang diberikan,” paparnya beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan bahwa dirinya sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pemilik modal yang berniat untuk melakukan investasi di Gunungkidul. Bukan tidak mungkin di tahun 2022 mendatang, akan banyak investor masuk untuk turut membangun dan memajukan Gunungkidul.

“Saya sudah bertemu dan komunikasi dengan calon-calon investor ini. Mereka menyatakan kemauan dan kesiapan untuk membangun Gunungkidul lebih maju,” terang Sunaryanta saat ditemui disebuah acara penyerahan penghargaan.

Adapun investasi yang banyak diminati adalah sektor perhotalan dan resort. Sebab geliat pariwisata Gunungkidul selama beberapa tahun terakhir ini menunjukkan hal positif. Di samping itu, bentang alam yang disuguhkan memiliki keindahan tersendiri, terlebih jika dikonsep dengan matang dan dananya mencukupi.

“Sudah ada 8 investasi yang nantinya akan bergerak di bidang perhotelan dan resort,” imbuh dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler