fbpx
Connect with us

Budaya

Kundha Budaya Lakukan Penelusuran Makam Bupati Gunungkidul Terdahulu, Beberapa Ditemukan di TPU Pakuncen Yogyakarta

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun 2021 ini Kundha Kabudayan Gunungkidul memiliki agenda pelacakan makam mantan bupati Gunungkidul di periode terdahulu. Kegiatan tersebut telah dilakukan, beberapa makam bupati diketahui berpusat di pemakaman Pakuncen, Yogyakarta.

Jumat (12/03/2021) kemarin, tim dari Kundha Kabudayan dan Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul kembali memastikan makam-makam para mantan bupati tersebut serta melakukan pendalaman data dengan keluarga dan kerabat bupati.

Adapun beberapa mantan bupati dimakaman berada di TPU Pakuncen lantaran mereka masih memiliki hubungan darah dengan Keraton Yogyakarta. Diantaranya yang ditemukan di kawasan Pakuncen adalah KRT Prawirosekito, KRT Suryo Kusumo, KRT Padmonegoro, KRT Labadiningrat, dan beberapa lainnya.

Meski menyentral di TPU Pakuncen namun demikian, lokasinya berbeda. Terbagi menjadi beberapa titik (gentan) disesuaikan dengan wilayah keluarga masing-masing. Di TPU ini juga ada bebera makam pahlawan nasional.

Selain ditemukan di TPU Pakuncen, juga ada yang ditemukan terpisah. Diantaranya KRT Wiradiningrat yang ditemukan di Pengasih, Kulon Progo dan KRT Pringgodiningrat yang ditemukan di Berbah, Bantul. Secara menyeluruh, untuk makam-makam ini nampak terawat. Jika pun tidak terawat maka pemkab Gunungkidul akan memfasilitasinya.

“Makam-makam ini nantinya setiap tahun akan kita kunjungi sebagai bentuk ziarah makam saat hari jadi Gunungkidul. Karena selama ini memang belum pernah diziarahi,” ucap Sigit Pramudiyanto, Kepala Bidang Sejarah, Satra Bahasa dan Permuseuman Kundha Kabudayan.

Selain dilakukan ziarah secara rutin, pihaknya akan membuat buku sejarah berkaitan dengan kepemimpinan bupati dari periode pertama hingga saat ini. Untuk itu, pigaknya sekarang masih menggali terus terkait dengan data silsilah keluarga, hingga data pribadi mantan bupati tersebut.

Kemudian masih ada 5 makam yang belum diketahui keberadaannya. Kelima makam tersebut yakni makam KRT Danuhadiningrat, Prawirosuwignyo, Cokrokusumo, Wiryodiningrat, dan Yudhadiningrat. Pihaknya sekarang masih melakukan penelusuran terkait makam tersebut.

Sebenarnya, kisi-kisi awal sudah didapatkan. Hanya masih melakukan validasi data tersebut. Kemungkinan besar masih ada 2 makam yang berada di TPU Pakuncen, 1 di Malang, 1 di Mojokerto, dan 1 lagi di kompleks Kotagede.

“Ini masih mendalami data dan pengumpulan informasi. Jika sudah siap maka akan segera dicek ke lokasi,” imbuh dia.

“Ini kan sejarah dan sangat penting. Makanya kami upayakan, jangan sampai putus di kita saja. Generasi muda juga harus tahu to mengenai sejarah ini,” sambung dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler