fbpx
Connect with us

Pariwisata

Mengangkat Potensi Desa Melalui Fotografi

Published

on

Gunungkidul,(pidjar.com)–Komunitas Gunungkidul Fotografi atau GP menggelar acara Expolring Desa yang dilaksanakan pada 29 Februari 2020 hingga 1 Maret 2020 yang dilaksanakan di Desa Kedungpoh, akecamatan Nglipar. Kegiatan sendiri bertujuan untuk ikut mempromosikan potensi desa yang ada di lokasi tersebut.

Kegiatan Exploring sendiri merupakan agenda rutin GP dan kali ini merupakan yang ke VI digelar. Pada kesempatan kali ini, kegiatan diikuti oleh puluhan fotografer profesional baik dari DIY, Jawa Tengah, Jakarta hingga Luar Negeri dan juga banyak peserta berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Ketua Panitia Exploring Desa, Stefanus Sujoko mengatakan, kegiatan ini bukan sekedar hunting foto. Namun ada spirit dan tujuan mengangkat potensi desa baik dari kesenian, UMKM, kerajinan, hingga potensi wisata dan kearifan lokal.

“Melalui fotografi nanti bisa mengangkat potensi yang ada disana. Melalui media foto akan lebih menarik,” ucap Sujoko, Minggu (01/03/2020).

Usai melakukan registrasi peserta diajak hunting kerajinan kayu yang dibuat sebagai alat rumah tangga. Industri minyak klentik berbahan kelapa, daur ulang sampah, kerajinan souvenir dari Forum Komunikasi Disabilitas Gunungkidul (FKDG) serta beberapa kesenian adat dan tradisi seperti geguritan dan srandul serta tradisi Golong Memule.

Berita Lainnya  Potensi Melimpah, Telaga Jonge Dikembangkan Jadi Obyek Wisata Digital

Potensi desa kedungpoh ini kita petakan, dan kita arahkan peserta untuk memotret sepuasnya di beberapa spot ysng sudah kita siakan. Harapan kita foto yang mereka ambil akan menyebar dimedia sosial dan potensi desa ini akan terkenal,” paparnya.

Expolring Desa Kedungpoh 2020 ini lebih asik jika dibandingan dengan kegiatan sebelumnya sebab panitia juga mengadakan acara camping dengan mengambil tempat dikawasan destinasi wisata klayar. Peserta juga di berikan tempat untuk hunting sunset dan sunrise.

Sementara itu, Kepala Desa Kedungpoh Dwiyono mengatakan, pihaknya berharap banyak kegiatan Expolring ini dapat mengangkat potensi desa baik dari umkm dan kegiatan masyarakat lainya sehingga akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

Berita Lainnya  Dinas Tak Patok Target Tinggi Pada Masa Libur Lebaran, Pantai Selatan dan Goa Pindul Masih Akan Jadi Primadona

“Masih banyak potensi yang bisa kita gali termasuk wisata, dan beberapa destinasi baru seperti off road, dan jalur motor tril tapi akan kita kembangkan satu persatu,” katanya.

Salah satu peserta Expolring Kedungpoh, Joel Yulianto mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini diharapkan dapat memberi efek positif bagi pelaku usaha, kuliner maupun kesenian yang ada. Melalui foto potensi tersebut akan dikenal lebih cepat sangat efektif.

“Memperkenalkan potensi desa sangat efektif dilakukan namun harus konsisten. Kegaiatan semacam ini haris sering dilakukan minimal setahun sekali. Saya yakin melalui foro akan menarik wisatwan, maupun pengusaha untuk melihat potensi secara langsung,”paparnya.

Acara Expolring Kedungpoh 2020 juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kebudayaan, DPRD Gunungkidul, Pemerintah desa Kedungpoh, Karang Taruna dan Bahron Rasyid dan Sponsor dari pihak swasta lainya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler