fbpx
Connect with us

Pendidikan

Pembebasan 5 Hektar Lahan Rampung, Gedung Kampus UNY di Pacarejo Akan Mulai Dibangun Tahun Ini

Diterbitkan

pada

BDG

Semanu,(pidjar.com)–Rencana pembangunan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Gunungkidul masih terus dibahas dan dimatangkan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan pihak UNY. Rencananya akhir 2019 mendatang, gedung perguruan tinggi ini akan mulai dibangun. Diharapkan nantinya setelah selesai dan mulai beroperasi, warga Gunungkidul akan semakin mudah dalam mengakses pendidikan strata universitas maupun juga menghidupkan roda perekonomian di sekitar lokasi kampus.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rosyid mengungkapkan jika rencana pembangunan gedung pendidikan ini masih terus menjadi bahasan bersama. Tanah seluas 5 hektare di kawasan Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu telah dibebaskan. Rencananya pada tahun akhir 2019 hingga awal 2020 proses pengerjaan fisik akan dilakukan dengan melibatkan sejumlah instansi dari UNY maupun Pemkab Gunungkidul.

“Masuk kawasan Pacarejo, rencana awal pintu masuk dari sebelah timur yakni dari sekitar wisata Watu Giring ke arah barat. Berbagai pertimbangan telah menjadi pembahasan bersama,” kata Bahron, Jumat (08/03/2019).

Kadisdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid

Menurut Bahron, Pemkab sangatlah mendukung dengan dibangunnya Universitas Negeri di Gunungkidul karena di bumi handayani baru ada satu Universitas negeri. Sedangkan minat pelajar dan masyarakat dengan adanya sekolah tinggi swasta masih sangatlah minim. Terlebih dengan adanya pembangunan ini, diharapkan meningkatkan lama sekolah sumber daya manusia yang ada di Gunungkidul.

Sebagaimana diketahui bersama, lama sekolah warga Gunungkidul saat ini hanyalah berkisar 8 tahun lebih beberapa bulan. Ini berarti, rerata tingkat pendidikan warga Gunungkidul hanyalah sampai sekolah menengah pertama jika dilihat dari data tersebut. Hal ini tentunya berdampak pada kualitas baik dalam pengetahuan maupun lainnya masih belum begitu maksimal. Kualitas SDM semacam ini tentunya membuat daya saing dengan kabupaten, kota atau daerah lain pun masih sangat rendah. Bedasarkan pantauan secara kasar pun sementara ini minat pelajar untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi masih belum begitu banyak meski sudah ada sedikit peningkatan.

Berita Lainnya  Gambar Burung dalam Bentuk Kolase, Seniman Cantik Ini Terpilih Ikuti Pameran Lawan Corona

“Harusnya peluang ini dapat dibaca oleh masyarakat sekitar dan secara luas. Ini kan sebagai akses untuk mendekatkan masyarakat dalam menyekolahkan anak-anak mereka. Belum lagi dari sektor perekonomian,” imbuh dia.

Peluang besar yang dapat dimanfaatkan diantaranya Gunungkidul memiliki sebuah perguruan yang bergengsi sehingga kabupaten ini akan menjadi lebih terpercaya dan hidup. Pelajar-pelajar dari berbagai daerah akan masuk untuk mengenyam pendidikan. Kemudian perekonomian masyarakat akan mengalami peningkatan signifikan mulai dari penyediaan kost, warung makan, hingga transportasi.

Adapun menurutnya dari pembahasan awal gedung UNY yang akan dibangun ini akan menyediakan beberapa jurusan pendidikan yang mengarah ada peningkatan kualitas keahlian mahasiswa atau peserta didiknya. Diantaranya seperti teknik, pariwisata dan beberapa lainnya mengingat Gunungkidul khususnya tengah booming pariwisata kemudian kota Jogja juga terus digenjot dalam bidang pariwisata maupun budaya.

Berita Lainnya  Omicron Merebak, Pemda DIY Putuskan Kembali Terapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Sementara itu beberapa waktu lalu, Bupati Gunungkidul juga mengungkapkan jika dengan didirikannya UNY di Gunungkidul dapat mengurangi biaya pendidikan dan transportasi masyarakat Gunungkidul dalam menyekolahkan anak anak mereka. Selain itu, kualitas sumberdaya manusia di bumi handayani jauh lebih meningkat dan pemberdayaan masyarakatnya semakib dapat dirasakan.

Ia menyadari jika di Kabupaten ini masih banyak anak anak yang putus sekolah. Sehingga harus ada terobosan yang menjanjikan dan memajukan kembali dibidang pendidikan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler