fbpx
Connect with us

Pariwisata

Penataan 3 Pantai Terus Dikebut Pemerintah

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)—Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul terus berupaya mengembangkan kawasan pantai selatan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata. Saat ini yang menjadi fokus utama ialah penataan wajah pantai agar menimbulkan kesan lebih menarik bagi wisatawan. Sebanyak 3 pantai di pesisir selatan saat ini mendapatkan prioritas pengembangan dengan dilakukan penataan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan pengembangan pariwisata sendiri berpedoman pada Peraturan Daerah (Perda) no 3 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah (riparda) Kabupaten Gunungkidul tahun 2014-2025. Dalam perda tersebut memuat tahapan identifikasi potensi yang saat ini tengah dilakukan oleh pihaknya.

“Untuk pengembangan potensi wilayah selatan seperti yang ada dalam Riparda dilakukan sesuai kondisi internal dan eksternal,” ujar Harry, Jumat (18/10/2019).

Perkembangan internal, lanjut Harry sendiri saat ini sudah semakin pesat dengan bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan. Kemudian untuk eksternal sendiri seperti adanya pembangunan Bandara YIA serta jalur Trans Jawa dengan dinamikanya. Hal ini menurut Harry harus disikapi dengan baik.

Berita Lainnya  Picu Anjloknya Harga Gabah, Petani Gunungkidul Tolak Impor Beras

“Pengembangan pariwisata saat ini sangat dinamis sehingga perlu pembahasan lebih mendalam, tidak hanya dari dinas saja namun banyak pihak harus duduk bersama untuk mengembangkan pariwisata Gunungkidul,” kata dia.

Ia mencontohkan, seperti pengembangan wisata pantai yang saat ini tengah serius digarap oleh pemerintah. Ada beberapa Pantai seperti, Drini, Baron dan Krakal yang terus dikembangkan terkait penataan wajah pantai.

“Untuk penataan Baron saat ini kita upayakan merampungkan DED. Karena Pantai Baron akan diubah wajahnya sehingga perlu persiapan lahan untuk itu. Untuk Pantai Drini saat ini dalam tahap awal penataan, Krakal terus kita lakukan pengembangan,” ucap dia.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, Pemkab Gunungkidul terus berupaya menciptakan kenyamanan bagi para wisatawan. Hal itu dilakukan agar wisatwan yang datang lebih lama tinggal dan betah ketika berkunjung ke lokasi wisata di Gunungkidul.

Berita Lainnya  Berharga Mahal, Dua Jenis Imunisasi Anyar Belum Bisa Diterapkan ke Anak-anak di Gunungkidul

“Selama ini wisatawan yang datang tujuannya kepantai, pemerintah berupaya memperbaiki fasilitas dan pelayanan agar mereka betah,” beber Harry.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler