fbpx
Connect with us

Sosial

Perkenalkan Briptu Widya, Mantan Jawara Dhimas Diajeng Yang Jadi Bhabinkamtibmas Wanita Pertama di Gunungkidul

Published

on

Semanu,(pidjar.com)–Menjadi seorang abdi negara memiliki tugas yang besar yaitu mengayomi masyarakat dan memberikan pelayanan yang prima. Misalnya saja sebagai anggota kepolisian yang juga harus siap ditugaskan pada satuan apapun dan daerah manapun. Seperti halnya dengan polwan cantik yang bernama Briptu Widya Pangestika. Sudah 2 minggu terakhir ia ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas Kalurahan Semanu.

Sebagaimana diketahui, pada umumnya Bhabinkamtibmas selama ini adalah seorang laki-laki. Satuan ini sendiri memiliki ketugasan yang beragam dengan kewilayahan satu kalurahan. Dengan penugasan ini, Widya menjadi Bhabinkamtibmas perempuan pertama dan untuk sementara satu-satunya di Gunungkidul.

Kepada pidjar.com, Briptu Widya menceritakan, tanggal 10 November 2021 lalu, Telegram Rahasia (TR) mengenai mutasinya dari jabatan turun. Ia yang dulunya bertugas sebagai Bamin Unit Reskrim Polsek Semanu untuk bidang PPA mendapatkan TR pindah sebagai Bhabinkamtibmas Kalurahan Semanu. Ia pun sempat kaget lantaran digeser untuk tugas Bhabinkamtibmas ini. Karena memang secara ketugasan dan kerja pun tentu berbeda jika dibandingkan dengan ketugasannya yang sebelumnya.

Hampir setiap hari ia melakukan sambang warga dan mengikuti berbagai kegiatan kemasyarakatan yang menuntut untuk terjun langsung serta ikut membaur dengan masyarakat. Ini merupakan sebuah hal yang baru menurutnya dan bisa mengenal serta mengetahui bagaimana karakter serta potensi warga binaannya.

“Awalnya kaget tiba-tiba dapat TR mutasi menjadi Bhabinkamtibmas, karena awalnya memang tidak ada kabar atau apapun,” kata Briptu Widya Pangestika saat ditemui, Kamis (25/11/2021).

“Dijalani dengan ikhlas pastinya dan ternyata enjoy kok. Dengan tugas ini, kita bisa mengenal orang-orang baru dan mengetahui karakter masyarakat Kalurahan Semanu itu bagaimana,” paparnya.

Menjadi Bhabinkamtibmas memang dituntut untuk menguasai wilayah sehingga bisa bertindak secara cepat. Seperti beberapa waktu ketika terjadi peristiwa trafo meledak di wilayah binaannya. Pada saat itu dirinya yang mendengar kabar dalam keadaan hujan langsung turun untuk mengecek lokasi untuk melakukan pemantauan. Pihaknya juga memberikan himbauan-himbauan kepada warga sekitar. Pengalaman lainnya yang cukup berkesan adalah saat ia ikut mengawal program vaksinasi door to door dengan sasaran ODGJ yang tentunya memerlukan penanganan khusus.

“Banyak warga yang juga kaget sekarang Bhabinkamtibmasnya ganti perempuan. Tapi Alhamdulillah selama ini bisa membaur dengan baik dan bersinergi dengan masyarakat dan pemerintahan,”ucap dia.

Menurutnya menjadi seorang Bhabinkamtibmas ada tantangan tersendiri. Tugasnya saat ini memaksanya selalu siaga dan harus on call 24 jam. Apapun dan bagaimanapun situasinya, saat ada kegiatan ataupun peristiwa di wilayah, ia harus terjun. Terlebih dirinya menjadi Bhabinkamtibmas perempuan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Gunungkidul. Di seluruh DIY sendiri saat ini baru ada 3 Bhabinkamtibmas perempuan yaitu di Polres Kota Jogja dan Polres Bantul. Widya sendiri merupakan Bhabinkamtibmas termuda.

“Sebenarnya saat di PPA Polsek Semanu juga sama, dulu pernah kok jam 03.00 WIB ditelpon pimpinan karena ada kasus yang harus ditangani dan saya ready. Untuk Bhabinkamtibmas ini ke depan tentu sambang malam dan kegiatan lainnya juga akan dilakukan. Tapi saya juga harus ingat bahwa saya perempuan,” papar perempuan kelahiran 1995 tersebut.

Sedikit mengulas ke belakang, Widya merupakan lulusan SMP Negeri 1 Semanu kemudian melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 2 Wonosari. Pada saat masih menjadi siswa, dirinya memang sudah terhitung aktif dalam berbagai kegiatan. Ia pernah mengikuti ajang bergengsi tingkat Gunungkidul yaitu menjadi juara 1 pemilihan Dimas Diajeng. Dirinya juga menjadi salah satu anggota Paskibra Gunungkidul.

Kemudian selepas lulus SMK, ia mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri sebagai polwan dan lolos pada seleksi tersebut. Sejak tahun 2014 itulah dirinya menjadi anggota Polri. Dari pengangkatan itu, dirinya langsung ditugaskan di Polsek Semanu yang cukup dekat dengan rumahnya yang berada di Padukuhan Wareng, Kalurahan Semanu.

“Sebelumnya saya tugas di unit PPA Reskrim Polsek Semanu, ada lumayan banyak kasus yang saya tangani bersama pimpinan dan team Reskrim. Jadi sudah tahu bagaimana kondisi kerawanan dan lainnya di wilayah ini,” imbuh dia.

“Harapan ke depan semoga saya bisa lebih membaur dengan masyarakat dan bertugas sebagaimana mestinya,” tutup ibu satu orang anak tersebut.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler