fbpx
Connect with us

Pariwisata

Satu Hari Belum Habis, 67 Wisatawan Tersengat Ubur-ubur

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar.com)–Serangan impes atau ubur-ubur sepertinya semakin menjadi. Semenjak pantai diuji cobakan buka kembali pada akhir Juni lalu, ratusan wisatawan turut menjadi korban serangan hewan laut yang mendarat tiap musim dingin ini.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron Gunungkidul, Surisdiyanto menuturkan ubur-ubur sudah terlihat sejak kawasan Pantai belum dibuka kembali. Bahkan jumlah ubur-ubur yang menepi ke pantai semakin banyak dalam sepekan terakhir.

“Di hari Minggu ini saja, hingga tengah hari setidaknya sudah ada 67 wisatawan yang tersengat ubur-ubur. Jika sampai sore hari, akan semakin banyak wisatawan yang tersengat, mengingat jumlah ubur-ubur hari ini cukup banyak,” ucap Suris, Minggu (12/07/2020).

Saking banyaknya, lanjut Suris, hampir setiap pagi dan sore ketika kawasan pantai sebelum dibuka dan sesudah ditutup, sejumlah personil dan dibantu oleh warga setempat berusaha mengubur ubur-ubur tersebut di dalam pasir. Harapannya agar wisatawan yang datang ke kawasan pantai makin nyaman karena tidak tersengat ubur-ubur.

“Serangan ubur-ubur memang tidak mematikan namun cukup membuat wisatawan tidak nyaman,” jelas dia.

Menurutnya, rasa panas yang menyengat kulit terkadang bisa sampai membuat seseorang tersebut pingsan. Tak ada obat yang pasti yang bisa meredakan rasa panas akibat tersengat ubur-ubur tersebut.

Berita Lainnya  Meski Tiket Murah, Tingkat Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Gunungkidul Masih Sangat Rendah

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono menuturkan, sejak pihaknya melakukan ujicoba tahap kedua pembukaan 4 kawasan wisata dengan konsep New Normal, kini jumlah obyek wisata yang dibuka untuk umum semakin banyak. Sebagian besar memang masih di kawasan pantai selatan Gunungkidul.

Mulai Sabtu (11/7/2020) kemarin,  sudah ada tambahan uji coba operasional dengan New Normal. Di antaranya adalah kawasan Pantai siung dan Nglambor, kawasan pantai gesing, kawasan pantai timang, kawasan pantai ngrenehan serta kawasan telaga jonge.

“Kalau jumlah wisatawan belum ada laporan pastinya,” tutup Harry.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler