fbpx
Connect with us

Peristiwa

Belasan Kambing Mati Mengenaskan, Organ Dalam Dimakan Hewan Buas

Diterbitkan

pada

BDG

Panggang,(pidjar.com)–Serangan hewan liar kembali terjadi di Gunungkidul. Belakangan ini, belasan kambing di Kapanewon Panggang dilaporkan mati mengenaskan dengan sejumlah luka. Untuk mengantisipasi serangan yang semakin meluas, warga secara bergilir setiap malam melakukan siskamling atau ronda menjaga ternak.

Panewu Panggang, Widyastuti mengatakan, berdasarkan laporan yang ia terima dari masyarakat dan koordinasi dengan sejumlah pihak, pekan lalu ada sedikitnya 15 ternak milik warga Legundi, Kalurahan Girimulyo, Kapanewon Panggang yang ditemukan mati mengenaskan. Warga dan pihak kepolisian saat itu langsung bertindak cepat dengan mengevakuasi bangkai kambing dan menguburnya.

“Ada 15 ekor kambing milik warga yang diserang hewan buas sehingga mati,” paparnya.

Ia menjelaskan, ternak-ternak ini menurut Panewu memang dipelihara di kandang yang berada di tengah ladang, sehingga jauh dari permukiman dan minim pengawasan. Dimungkinkan, serangan binatang buas ini terjadi di malam hari.

“Kambing-kambing yang mati diduga diserang oleh anjing liar pada malam hari, hanya dimakan organ bagian dalamnya,” kata dia.

Saat ini untuk mengantisipasi serangan yang kian meluas, warga kemudian menggencarkan siskamling atau ronda setiap malamnya. Tidak sekedar di lingkungan pemukiman saja, melainkan ladang-ladang yang sekiranya ada ternak juga turut dipantau. Pihaknya juga menghimbau kepada warga agar ternak dipelihara dekat dengan pemukiman.

Berita Lainnya  Terjadi Penularan Covid-19 di Lingkungan Sekolah, Guru dan Siswa Jalani Perawatan

“Sekarang digencarkan siskamling oleh warga setiap malamnya. Ada dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sering ikut,” ujar Panewu.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kapolsek Panggang, AKP Ahmad Fauzi. Untuk menanggulangi kejadian serupa agar tidak menimbulkan keresahan khususnya bagi para peternak kambing dan masyarakat sekitar pada umumnya digencarkan siskamling. Selain itu, juga diharpakan ada tindakan khusus agar serangan tidak meluas.

“Kita terjunkan anggota untuk membantu masyarakat, ” pungkas Kapolsek.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler