fbpx
Connect with us

Politik

Gerindra Umumkan Pengusaha Kaya Jadi Calon Bupati, Tantang Sunaryanta

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Geliat tahun politik mulai terasa di Gunungkidul jelang 2024 ini. Sejumlah tokoh dari berbagai kalangan mulai muncul untuk meramaikan pesta demokrasi, baik berencana maju dalam pemilihan anggota legislatif atau bahkan menjadi eksekutif yakni untuk perebutan jabatan Bupati dan Wakil Bupati.

Pasca Pilkada terkeras dan termahal pada 2020 silam, saat ini jabatan Gunungkidul 1 dan 2 masih menjadi primadona. Sejumlah nama secara terang-terangan bahkan mulai menyatakan minatnya untuk ikut berlaga dalam Pilkada Gunungkidul 2024 mendatang.

Salah satu partai yang nampaknya telah matang dalam persiapan Pilkada 2024 adalah Partai Gerindra. Selain sibuk menjaring kader sebagai calon anggota legislatif, Gerindra juga mulai mempersiapkan kadernya untuk perebutan kursi Bupati Gunungkidul. Ketua Bappilu DPC Gerindra Gunungkidul, Sumanto santer telah mendapatkan dukungan dari Gerindra Gunungkidul untuk maju.

Berita Lainnya  Mengunjungi Rumah Terpencil Milik Paino Yang Luluh Lantak Dilalap Api

Sumanto sendiri berlatar belakang sebagai pengusaha sukses berlevel nasional. Yang bersangkutan merupakan warga asli Kapanewon Ngawen.

Kepada Pidjar.com, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Gunungkidul, Purwanto tidak memungkiri bila saat ini mesin politik di partainya sudah mulai dinyalakan untuk menghadapi Pileg dan Pilkada 2024 mendatang. DPC memiliki tanggung jawab besar dalam pesta demokrasi ke depan yakni dengan memenangkan calon legislatif baik tingkat daerah hingga pusat, calon kepala daerah yang diusung serta memenangkan Prabowo dalam Pemilihan Presiden mendatang.

“Konsolidasi di tingkat kapanewon atau PAC sudah dilakukan, mesin politik di ranting dan anak ranting juga sudah mulai dipanasi. Secara continue kita memberikan kampanye untuk memenangkan Prabowo di Pilpres mendatang dan kepala daerah serta caleg yang diusung dari Gerindra. Kami gerakkan para kader ini untuk nantinya bisa menggandeng massa,” ucap Purwanto.

Berita Lainnya  Berantas Praktik Kotor, Bawaslu Bentuk Desa Anti Politik Uang

Disinggung mengenai kader yang digadang-gadang sebagai calon kepala daerah dari partai ini, Purwanto mengatakan telah ada tokoh yang menjadi pilihan pihaknya. Adalah Sumanto salah satu kader internal dari Gerindra yang dianggap memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memajukan Gunungkidul.

“(Sumanto) backgroundnya pengusaha, memiliki banyak sekali pengalaman termasuk dengan pengetahuan yang luas terkait dengan pengembangan daerah. Beliau ini sudah masuk sebagai kader Gerindra sejak 2 tahun yang lalu,” ucapnya.

“Beliau ini meski sudah sukses, tak pernah lupa akan Gunungkidul. Bahkan kalau sekarang jadi sering pulang untuk ngurusi Gerindra,” lanjut anggota DPRD Gunungkidul.

Dalam pesta demokrasi tahun 2023 mendatang, Sumanto akan dicalonkan sebagai kandidat Bupati Gunungkidul atau minimal sebagai Wakil Bupati Gunungkidul. Purwanto menjelaskan dalam menjaring kader tentunya tidak sembarangan, dirinya dan tim memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi yakni semangat dan mampu mengemban tugas dan memajukan Gunungkidul serta partai Gerindra.

Berita Lainnya  Makin Santer Maju Pilkada, Kolonel Tugiman Ceritakan Sempat Bertemu Immawan Wahyudi

“Iya, beliau akan masuk menjadi kandidat calon Bupati dari Partai Gerindra. Komitmennya untuk membangun Gunungkidul dan memajukan partai kuat, kemudian menguasai beberapa hal untuk mengembangkan dan memajukan Gunungkidul,” jelasnya.

Disinggung nantinya apakah Sumanto akan diproyeksikan untuk melawan Sunaryanta, Purwanto masih enggan menjawab. Pihaknya menunggu dinamika politik yang terjadi dan terbuka terhadap koalisi dengan partai lain.

“Kita biarkan mengalir, ya ada kemungkinan berhadapan dengan incumbent. Yang jelas kita fokus untuk Pileg dulu, minimal kita bisa mencalonkan sendiri Bupati dan Wakil Bupati,” beber dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler