fbpx
Connect with us

Sosial

Jamaah Masjid Aolia Laksanakan Sholat Idul Adha

Diterbitkan

pada

BDG

Panggang,(pidjar.com)– Senin (26/06/2023) pagi tadi ratusan jamaah masjid Aolia, Kapanewon Panggang, mulai menggelar Hari Raya Idul Adha di enam titik masjid. Ratusan jamaah Aolia nampak khusyu melaksanakan sholat Idul Adha pagi tadi.

Kapolsek Panggang, AKP Anang Prastawa, saat dikonfirmasi membenarkan jika di wilayahnya terdapat beberapa masjid yang sudah menggelar sholat Idul Adha, Senin (26/06/2023) pagi. Dikatakannya, terdapat enam masjid jamaah Aolia yang melaksanakan sholat id dengan jamaah terbanyak sekitar 300 orang yang berada di masjid Aolia Temuireng I, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang.

“Tadi pagi sekitar pukul 06.30 sampai 07.30 WIB ada enam masjid yang menggelar sholat idul adha,” ucap AKP Anang Prastawa.

Berita Lainnya  Ucap Syukur Satu Bulan Ramadhan Penuh Berkah, Masyarakat Gelar Tradisi Kenduri

Disebutnya selain di Kalurahan Girisuko, pelaksanaan sholat idul adha juga tersebar di Kalurahan Giriharjo dengan tiga masjid dan Kalurahan Girisekar dengan dua masjid. Tercatat sekitar 900 jamaah masjid Aolia menggelar sholat Idul Adha pagi tadi.

“Pelaksanaan sholat idul adha berjalan terkendali, pengamanan dibantu oleh pihak Koramil dan Banser,” jelasnya.

Meski menggelar sholat idul adha pagi ini, dari informasi yang didapat untuk penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada Rabu (28/06/2023) mendatang. Hal itu untuk menghormati warga lainnya yang baru merayakan Idul Adha yang berbeda.

Sebelumnya, Kepala Kementerian Agama Gunungkidul, Sa’ban Nuroni, mengatakan adanya perbedaan pelaksanaan Idul Adha agar tidak membuat warga terpecah. Menurutnya, perbedaan pelaksanaan hari raya bukanlah hal yang baru sehingga umat tetap harus menjaga kerukunan. Dikatakannya, pelaksanaan Idul Adha pada tahun ini antara umat Muhammadiyah dengan pemerintah mengalami perbedaan. Disebutnya dari perhitungan rukyat dan hisab, pemerintah memutuskan Idul Adha jatuh pada tanggal 29 Juni mendatang. Sedangkan Pengurus Pusat Muhammadiyah memutuskan Idul Adha jatuh pada 28 Juni lusa.

Berita Lainnya  Ritual Khusus Suku Baduy, Harapan Petani Gunungkidul Kurangi Populasi Monyet Ekor Panjang

“Jadi yang dibangun itu adanya sikap saling mengerti, toleransi, serta saling memahami adanya perbedaan. Fenomena itu sudah lama kita jalani,” ucap Kepala Kementerian Agama Gunungkidul, Sa’ban Nuroni kala itu.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler