fbpx
Connect with us

Pendidikan

Perintahkan Kepala SMA dan SMK Intensifkan Persiapan, Balai Dikmen Targetkan Rerata Nilai UN Masuk 3 Besar

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Kualitas pendidikan Gunungkidul selama ini masih tertinggal dibanding dengan kabupaten maupun kota lainnya di DIY. Prestasi para pelajar SMA dalam nilai ujian nasional bahkan acapkali tercecer di peringkat bawah. Guna mengantisipasi hal semacam ini terjadi lagi, SMA maupun SMK di Gunungkidul diminta untuk lebih intens dalam memberikan persiapan kepada para siswanya. Dengan persiapan yang matang, maka diharapkan nilai para pelajar akan terdongkrak dan prestasi pendidikan bisa digenjot setinggi mungkin.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul, Sangkin menargetkan adanya peningkatan terhadap hasil nilai UN pada pelajar SMA dan SMK. Ia bahkan mematok bahwa di akhir tahun pelajaran 2019/2020 nanti, rata-rata nilai Ujian Nasional SMK di Gunungkidul menjadi yang tertinggi di DIY. Sementara untuk SMA, baik jurusan IPA, IPS dan bahasa ditarget untuk bisa masuk tiga besar.

“Kita semua ingin kualitas pendidikan Gunungkidul bisa terangkat,” papar Sangkin, Selasa (01/10/2019).

Berkaitan dengan target ini, pihak mendorong seluruh sekolah untuk bisa mengoptimalkan persiapan. Dalam hal selain kegiatan belajar mengajar, pihaknya juga mewajibkan sekolah untuk menggelar kegiatan seperti les mata pelajaran kepada para siswa kelas XII. Adapun les sendiri berisi materi-materi ujian agar nantinya para siswa dapat mengerjakan soal dengan baik.

Berita Lainnya  Kepala Dinas dan Kades Bejiharjo Turun Tangan, Pasha Dijamin Tak Putus Sekolah

“Kami upayakan secara maksimal, meskipun saat ini nilai UN bukan acuan utama kelulusan,” ucapnya.

Sangkin sendiri telah memerintahkan kepada seluruh kepala SMA dan SMK di Kabupaten Gunungkidul untuk sesegera mungkin mulai menggelar les. Pihaknya pun juga tak henti-hentinya mendorong kepala sekolah untuk memberikan semangat kepada siswa-siswinya dalam mengerjakan soal UN.

Sementara itu, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan jadwal resmi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 untuk tahun ajaran 2019/2020 pada SMA/SMK se Indonesia. Jadwal UN ditetapkan sesuai hasil keputusan BSNP dan rapat koordinasi BSNP dengan Direktorat terkait, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dinas Pendidikan Provinsi.

Kepala Seksi Pelayanan, Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul, Indah Pramnawati mengatakan, adapun jadwal ujian tersebut telah dituangkan dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Ketua BSNP Abdul Mu’ti. Berdasarkan surat resmi BSNP dengan Nomor 0110/SDAR/BSNP/IX/2019, jadwal UN untuk jenjang SMA dan sederajat akan dilaksanakan dengan keterangan sebagai berikut: Jadwal UNBK Mata Pelajaran Bahasa Indonesia diselenggarakan pada Senin, 30 Maret 2020; mata pelajaran Matematika pada Selasa 31 Maret 2020; mata pelajaran Bahasa Inggris pada Rabu 1 April 2020 dan mata pelajaran Jurusan Kamis 2 April 2020.

Berita Lainnya  Berbarengan Dengan Pemilu dan Pilpres, Jadwal Pelaksanaan UNBK SMP Akan Dimajukan

“Untuk jadwal susulan hanya dilakukan satu hari yakni Senin 6 April,” ujar Indah.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk SMK jadwal UNBK dilakukan lebih dahulu. Adapun jadwalnya ialah: Senin 16 Maret 2020 untuk mata lelajaran Bahasa Indonesia; Selasa, 17 Maret 2020 untuk mata pelajaran Matematika; Rabu 18 Maret Mata untuk pelajaran Bahasa Inggris dan Kamis 19 Maret untuk mata pelajaran Teori Kejuruan.

“Seluruh SMA/SMK di Kabupaten Gunungkidul ujiannya sudah berbasis komputer,” imbuhnya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler