fbpx
Connect with us

Pemerintahan

PORDA 2025, Pemkab Gunungkidul Mulai Berbenah Fasilitas Olahraga

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVII DIY akan diselenggarakan pada tahun 2025 mendatang. Kabupaten Gunungkidul akan menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi tersebut. Saat ini, pemerintah telah mulai menggelontorkan anggaran untuk persiapan dan berbenah fasilutas olahraga yang ada.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gunungkidul, Supriyanto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan KONI Gunungkidul, pengda, dan beberapa instansi lainnya untuk melakukan persiapan. Anggaran miliaran rupiah digelontorkan pemerintah untuk perbaikan beberapa venue yang akan digunakan oleh para atlet.

Ia menyebut, diantaranya Stadion Handayani akan dilakukan perbaikan baik dari lapangannya, perbaikan drainase, lintasan lari, dan tribunnya. Untuk perbaikan stadion di tahun 2024 ini sebesar Rp 7,3 miliar. Lapangan voli pasir yang berada di kompleks Taman Kuliner juga dilakukan finishing pada tribunnya.

Berita Lainnya  Anggaran Miliaran Bangun LPM di 2 Kapanewon, Petani Padi Bisa Langsung Jual Hasil Panen

Kemudian lokasi untuk cabor Panjat Tebing yang direncanakan di SMA 2 Playen juga akan dilakukan perbaikan track border dan beberapa komponen lainnya, lapangan tenis yang dimiliki Gunungkidul juha akan dilakukan perbaikan kamar mandi dan beberapa titik lainnya.

“Gedung Kesenian akan digunakan untuk cabor Peng Tang Kue, kami lakukan pembenahan disana termasuk dengan area parkirnya,” kata Supriyanto, Jumat (19/04/2024).

“Untuk finalisasi lokasi masih kami koordinasikan, ada beberapa yang kami usahakan untuk tetap diselenggarakan di Gunungkidul yaitu menembak dan renang di lingkungan Kodim 0730 Gunungkidul dan sepatu roda di Lanud Gading atau Pasar Sapi atau sepanjang Jalan Barat Pemkab,” imbuh Supriyanto.

Ia mengungkapkan ada cabor yang tidak bisa diselenggarakan di Gunungkidul, sebab tidak memiliki lokasi yang pas, diantaranya yaitu cabor dayung, berkuda, golf, dan berkuda. Sehingga pihaknya harus menggunakan venue di kabupaten lain yang memiliki tempatnya.

Berita Lainnya  Lahan Abadi Terluas Ada di Kabupaten Gunungkidul

“Seperti berkuda, nanti akan dilakukan di lintasan yang ada di Kabupaten Bantul. Kemudian dayung itu nanti di Kulonprogo,” tandas dia.

Selain persiapan infrastruktur, pihaknya juga telah melakukan persiapan dan pemantapan pada para atlet. Pihaknya telah menghibahkan anggaran 2,9 miliar untuk pemantapan para atlet. Untuk perbaikan fasilitas peralatan, Pemkab Gunungkidul menggelontor anggaran sekitar Rp 20 miliar.

“Persiapan dan pemantapan (training) atlet juga dilakukan setahun ini, tapi itu yang mengampu KONI. Nanti Pemkab juga menyiapkan reward untuk atlet Gunungkidul yang berhasil mendulang medali,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler