fbpx
Connect with us

Pariwisata

Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata, Badan Otorita Borobudur Beri Pelatihan Hospitality

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Gunungkidul merupakan daerah yang sektor pariwisatanya tengah melejit beberapa tahun terakhir. Merespon hal tersebut, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BOB) pun kemudian berupaya memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi hospitality di Gunungkidul agar kemampuan sumber daya manusianya siap dalam melayani dan mengembangkan bidang pariwisata.

Direktur Utama BOB, Agustin Perangin Angin mengatakan pelatihan dan sertifikasi terhadap para pelaku pariwisata penting dilakukan. Sebab mengacu pada beberapa hal, keterampilan pelaku wisata harus sesuai dengan standar keahlian yang berlaku.

Maka dari itu, BOB berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM pelaku wisata di daerah agar mumpuni dan siap melayani dengan standar yang ada. Dijelaskan untuk saat imi ada 20 pelaku wisat dari 6 kapanewon du Kabupaten Gunungkidul yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini

Berita Lainnya  Ribuan Wisatawan Terus Serbu Kawasan Pantai Selatan Gunungkidul

“Sebelumnya mereka sudah mengikuti proses rekrutmen dan seleksi hingga akhirnya terpilih jadi peserta. Betul ada 20 orang kali ini,” jelasnya di Hotel Santika Playen.

Pelatihan yang dilakukan meliputi bidang front office, housekeeping, serta food and beverage. Pelatihan berlangsung sekitar 3 bulan, termasuk penempatan dalam bentuk magang.Pelatihan ini diharapkan bisa membentuk pelaku wisata Gunungkidul yang handal dan terampil.

“Harapannya peningkatan minat itu bisa dirasakan dampaknya oleh warga Gunungkidul, namun mereka juga harus disiapkan kemampuannya,” kata Agustin.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY Arya Nugrahadi mengatakan, pelatihan ini akan membuka lebih banyak kesempatan warga Gunungkidul di sektor wisata. Pihaknya pun menyambut dengan baik atas kerjasama yang dijalin dengan BOB tersebut.

Berita Lainnya  Proses Investasi Taman Safari Panggang Jalan Terus, Pembangunan Diharapkan Dimulai Akhir 2020

“Terutama bagi pelaku wisata, dengan adanya peningkatan kemampuan maka kesempatan memilki pendapatan tambahan semakin besar,” ujar Aria.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata DIY, Fitri Dyah Wahyuni mengatakan keahlian pelaku wisata di bidang hospitality akan menjamin kenyamanan wisatawan. Itu sebabnya, peningkatan keahlian lewat pelatihan dan sertifikasi menjadi hal yang penting.

“Gunungkidul dikenal dengan beragam wisata yang komplit kunjungan wisatawan seiring dengan waktu semskin meningkat maka dari itu perlu peningkatan kualitas SDM,” tutup Fitri.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler